home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korsel Justru 'Berbaik Hati' Kirim 1 Triliun Bantuan Kemanusiaan untuk Korut, Apa Alasannya?

Jumat, 15 September 2017 14:50 by reinasoebisono | 2987 hits
Korsel Justru 'Berbaik Hati' Kirim 1 Triliun Bantuan Kemanusiaan untuk Korut, Apa Alasannya?
Image source: Korea Herald

DREAMERS.ID - Di tengah ‘kisruh’ isu uji coba misil rudal balistik Korea Utara yang dua kali ditembakkan di langit Jepang membuat geram negara terkait lainnya seperti Korea Selatan dan Amerika Serikat yang terkenal sebagai sekutu. Namun nyatanya Korea Selatan berencana memberikan bantuan kemanusiaan ke negeri saudaranya itu.

Melansir Korea Herald pada Kamis (14/9) kemarin, Seoul berencana memberikan bantuan ke Korea Utara sejumlah US$8 atau setara dengan Rp1.04 triliun. Via organisasi internasional di tengah suasana global yang memanas melawan rezim komunis Korut itu.

Pengumuman ini cukup mengejutkan lantaran hanya selang beberapa hari setelah sanksi dari PBB diberikan ke Korut. Tentu saja, hal ini ditentang langsung oleh Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshihide Suga. Pihak Jepang mengatakan ini bukan saatnya memberikan bantuan, melainkan untuk menambah tekanan pada Korut.

Wajar Jepang bereaksi pasca terjadi lagi peluncuran rudal Korea Utara yang melintasi langit Jepang kemarin. Disebutkan pula, penembakan rudal kali ini adalah yang terjauh berhasil dilakukan oleh negara pimpinan Kim Jong Un tersebut. Pihak Korea Selatan pun menanggapi hal tersebut.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

“Sikap dasar administrasi (Korsel) saat ini adalah bantuan kemanusiaan harus dilanjutkan tanpa memperdulikan pertimbangan politik,” kata Kementerian Unifikasi Seoul.

Dari rencana US$8 juta tersebut, ada sekitar US$4.5 juta yang akan dialokasikan via Program Makanan PBB sementara sisanya akan dipergunakan untuk bantuan vaksinasi dan program kesehatan di Korea Utara.

Jika terealisasi, program ini akan jadi bantuan kemanusiaan Presiden Moon Jae In yang pertama untuk Korea Selatan. Karena selama pemerintahan sebelumnya, oleh Presiden Park Geun Hye, semua bantuan ke Korut dihentikan sebagai sanksi atas tes nuklir keempat pada Januari tahun lalu.

Alasan mendasar Korea Selatan bersikukuh memberi bantuan adalah karena bantuan tersebut diperuntukkan bagi anak-anak dan wanita di Korea Utara yang diklaim membutuhkan bantuan makanan dan kesehatan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)