home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap, Video Mengerikan Hasil Investigasi Hancurnya Malaysia Airlines MH17 Tiga Tahun Lalu

Kamis, 14 September 2017 12:00 by reinasoebisono | 3269 hits
Terungkap, Video Mengerikan Hasil Investigasi Hancurnya Malaysia Airlines MH17 Tiga Tahun Lalu
Image source: The Independent

DREAMERS.ID - Malaysia Airlines sempat beberapa kali dirundung masalah karena kecelakaan pesawat yang menimpa maskapainya. Salah satu yang mengejutkan dunia adalah meledaknya pesawat MH17 pada 17 Juli 2014 lalu.

Awalnya, penerbangan tersebut disebut tidak memiliki masalah teknis mau pun cuaca namun mendadak hilang dan puing pesawat beserta korban yang berceceran ditemukan di kawasan Ukraina Timur. Saling lempar tanggungjawab antar Rusia dan Ukraina pun terjadi lantaran keduanya memang sedang bersitegang.

Pesawat nahas yang meledak di udara itu memang melintas di wilayah konflik. Namun akhirnya sebuah video yang dirilis Badan Keselamatan belanda (Dutch Safety Board) mengungkap dugaan penyebab kecelakaan.

Melansir laman Liputan6 pada Rabu (13/9), pihak penyidik mengutarakan jika MH17 jatuh karena ditembak rudal jenis 9N314M yang diluncurkan dari kawasan Ukraina Timur. Rudal tersebut adalah bagian dari suatu sistem peluncuran rudal yang dikenal oleh NATO dengan nama Buk.

Baca juga: 5 Tahun Berlalu, Lima Teori Konspirasi Ini Masih Menghantui Hilangnya Pesawat MH370

Investigasi menunjukkan jika penerbangan MH17 berlangsung normal dan menggunakan rute L980 yang lazim. Namun bagian depan pesawat, tepatnya di kiri atas kokpit luar badan pesawat tersembur oleh ratusan benda berenergi tinggi yang berasal dari rudal yang menyebabkan 3 awak dalam kokpit meninggal seketika dan pesawat pecah di udara.

Serpihan pesawat tersebar di beberapa titik dalam kawasan seluas 50 kilometer dan 298 orang yang ada dalam pesawat meninggal dunia. Temuan itu juga diperkuat oleh data dalam rekaman penerbangan karena Cockpit Voice Recorder (CVR) merekam adanya suara keras dalam beberapa milidetik terakhir.

Penerbangan Malaysia Airlines ini dioperasikan sesuai regulasi yang ada. Tapi pihak Belanda tidak bertanggung jawab untuk menganjurkan pilihan rute penerbangan yang dipilih oleh Malaysia Airlines ataupun KLM yang menjadi rekanannya. Namun pada tanggal kejadian, konflik bersenjata terjadi di bagian timur Ukraina hingga menyebar ke ruanga udara. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)