SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

PBB Tunjuk Pria Indonesia Jadi Ketua TPF Pembantaian Rohingya

Minggu, 03 September 2017 11:00 by reinasoebisono | 1491 hits
PBB Tunjuk Pria Indonesia Jadi Ketua TPF Pembantaian Rohingya
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Ramai tuntutan Indonesia sebagai pelopor kedamaian atas konflik Rohingya di Myanmar, Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memilih ketua tim pencari fakta (TPF) yang ternyata adalah orang Indonesia.

Sebenarnya, pemilihan ketua TPF ini telah dilakukan PBB sebelum berita pembantaian dan kekerasan yang menimpa Muslim Rohingya beredar luas. Tepatnya pada 27 Juli 2017, Presiden Dewan HAM PBB, Joaquin Alexander Maza Martelli (El Salvador) menunjuk Marzuki Darusman sebagai ketua TPF.

"Darusman akan bergabung dengan Radhika Coomaraswamy (Sri Lanka) dan Christopher Dominic Sidoti (Australia) yang pengangkatannya diumumkan pada bulan Mei," kata Martelli dalam siaran pers UNHR.


Marzuki Darusman (Business Korea)

Melansir Suara, TPF Myanmar itu berfungsi secara independen dan obyektif serta akan didukung oleh tim spesialisasi hak asasi manusia di Jenewa. Tim itu mempunyai berbagai keahlian.

Baca juga: Facebook Blokir Akun Medsos Pejabat Militer Myanmar yang Diduga Terlibat Pembunuhan Massal Rohingya

"Mencari fakta dan keadaan dari dugaan pelanggaran hak asasi manusia baru-baru ini oleh pasukan militer dan keamanan, dan pelanggaran, di Myanmar, khususnya di Negara Bagian Rakhine," kata Martelli memaparkan tugasnya.

Marzuki Darusman sendiri adalah seorang pengacara dan aktivis hak asasi manusia yang menjabat sebagai Pelapor Khusus tentang situasi HAM di DPRK (2010-2016). Ia juga anggota Komisi Penyelidik HAM di Korea Utara sejak 2013 hingga 2014.

Marzuki Darusman juga dikenal pernah menjabat sebagai Ketua Komnas HAM Indonesia serta Jaksa Agung tahun 1999-2001. Ia juga diangkat oleh PBB Ban Ki-Moon ke Komisi Investigasi untuk menyelidiki pembunuhan mantan Perdana Menteri Pakistan Benazir Bhutto tahun 2009.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Di tengah maraknya isu polusi di ibu kota, salah satu caranya adalah menghidupkan kembali paru paru kota atau penghijauan. Yaitu bisa dengan cara membangun banyak taman yang akan segera dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta....
  • HOT !
    Presiden Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR dan menyampaikan pidato kenegaraan dengan total 3 pidato pada hari ini Jumat (16/8). Sidang ini sendiri adalah agenda rutin tahunan dalam rangka menyambut perayaah HUT Kemerdekaan RI....
  • HOT !
    Penerapan perluasan sistem ganjil genap, selain mengurai dan mengurangi kemacetan ibu kota, diharapkan pula bisa menekan tingginya polusi udara di DKI Jakarta. Namun nampaknya sistem tersebut tidak terlalu berpengaruh jika tidak sungguh sungguh dilakukan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)