SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penangkapan Grup Penyebar Kebencian Sarasen Awalnya Hanya Kebetulan?

Sabtu, 26 Agustus 2017 18:45 by reinasoebisono | 1277 hits
Penangkapan Grup Penyebar Kebencian Sarasen Awalnya Hanya Kebetulan?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Ribut-ribut penangkapan kelompok penyebar kebencian bernama Saracen mulai diungkap perlahan oleh kepolisian. Ternyata, kelompok yang kerap menebar berita hoax di media sosial ini awalnya ditangkap karena unsur kebetulan.

Melansir Liputan6, ketua Saracen yang bernama Jaspriadi awalnya bukan ditangkap karena tuduhan penyebar ujaran kebencian, namun karena kasus akses olegal terhadap akun Facebook tersangka lainnya, Sri Rahayu Ningsin (SRN) yang jadi tersangka karena menghina Presiden Jokowi.

Karena meski SRN telah ditangkap, akun Facebook yang digunakannya untuk menyebarkan kebencian masih aktif. Dari situlah polisi meringkus Jaspriadi dan menemukan fakta mengejutkan lainnya di Pekanbaru, Riau.

"Ternyata akun milik S ini yang sudah di-takedown oleh penyidik, ternyata dipulihkan oleh Jaspriadi. Makanya kemudian yang bersangkutan ditangkap penyidik siber karena ilegal akses," papar Kepala Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Irwan Anwar.

Baca juga: Foto Ini Sebabkan Jungkook BTS Diduga Lakukan Percobaan Bunuh Diri?

Polisi menemukan fakta Jaspriadi terkait orang lain yang sebelumnya ditangkap dalam kasus ujaran kebencian saling berkaitan. Selain SRN, mereka adalah Ropi Yatsman dan Muhammad Faisal Tanong. Mereka bekerja secara profesional, bahkan menyiapkan proposal untuk calon klien yang meminta disebarkan ujaran kebencian dan hoax.

Sindikat Saracen ini memiliki ribuan akun dan ratusan ribu akun pengikut di media sosial. Setiap proyek ujaran kebencian dan SARA oleh Saracen ini dihargai hingga Rp 100 juta.

“Misalnya kurang lebih 2 ribu akun itu dia membuat meme menjelek-jelekkan Islam. Eibuan lagi kurang lebih hampir 2 ribu juga menjelek-jelekkan Kristen. Itu yang kemudian tergantung pemesanan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Sudah setahun Donald Trump menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Dengan segala kritikan dan hal kontroversi yang ditujukan kepadanya, kini disebut jika pesta perayaan setahun pemerintahannya dikenai harga fantastis....
  • HOT !
    Warga Makassar, Sulawesi Selatan, dihebohkan dengan kontes ratu kecantikan yang akan digelar pada Senin, 22 Januari 2018 mendatang. Pasalnya dalam iklan yang tersebar viral di media sosial mengungkapkan kalau kontes tersebut bukan untuk wanita melainkan ditujukan untuk para waria....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan rekannya yang bernama Andreas Tjahyadi dilaporkan ke polisi oleh seseorang bernama Fransiska Kumalawati Susilo. Kasusnya bermula ketika Sandiaga dan Andreas dituduh menipu ketika menjual satu hamparan lahan seluas hampir 1 hektare seharga Rp 12 miliar....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)