SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Kalah dengan Amerika, Ini Tanggal Gerhana Matahari 'Hadir' di Wilayah Indonesia

Rabu, 23 Agustus 2017 18:00 by reinasoebisono | 2692 hits
Tak Kalah dengan Amerika, Ini Tanggal Gerhana Matahari 'Hadir' di Wilayah Indonesia
Image source: National Geographic

DREAMERS.ID - Dunia menyorot Gerhana Matahari Total yang terjadi di Amerika Serikat pada 21 Agustus lalu. Berbagai foto menarik pun meramaikan media sosial yang menangkap keindahan fenomena langit yang tergolong langka itu.

Meski begitu, bukan berarti Indonesia tidak bisa merasakan euforia yang sama. Tahun lalu, Indonesia sudah mengalami kejadian serupa, namun di beberapa wilayah seperti Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Melansir Merdeka, Indonesia tidak akan lama lagi mendapatkan fenomena langka itu, yaitu pada tanggal 26 Desember 2019, berupa Gerhana Matahari Cincin. Cakupan bsar gerhana ini akan paling jelas terlihat di Kalimantan Utara seperti Tarakan, Kalimantan Barat bagian utara seperti Pontianak, Riau, serta Sumatera Utara. Namun secara umum semua wilayah bisa melihatnya.


Image source: National Geographic

Baca juga: Ketahui Resikonya, 'Bulan Darah Biru' dan Dua Fenomena Lain Akan Hiasi Langit Indonesia

Untuk Gerhana Matahari Total, Indonesia kebagian pada 2023. Namun yang bisa melihat fneomena ini secara total hanya di Papua Barat, tepatnya di bagian ‘leher’ peta Papua yang menyerupai burung itu.

Setelah itu pada tanggal 22 Juli 2028, terdapat gerhana matahari total yang berada cukup dekat dari Indonesia, yakni di Christmas Island, sekitar 350 kilometer dari selat Sunda. Oleh karena itu, bagian selatan pulau Jawa akan bisa menikmati gerhana matahari cincin yang hampir sempurna, yakni 95 persen matahari tertutup Bulan.

Gerhana Matahari memang disebut spesial karena hanya bisa dilihat di lokasi yang berbeda-beda. Seperti contoh Gerhana Matahari di Amerika tidak bisa kita lihat di Indonesia. Begitu juga sebaliknya, Amerika tidak bisa melihat Gerhana Matahari hingga 2024.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Berbagai pihak menegaskan jika persiapan pelantikan Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden telah siap. Pelantikan ini akan digelar di Gedung DPR/MPR RI pada pukul 14.00 hari Minggu 20 Oktober 2019....
  • HOT !
    Sandiaga Uno yang telah kembali menjadi politikus Partai Gerindra mengaku jika partai yang menaunginya itu sempat terbelah menjadi dua kubu. Yaitu kelompok yang pro untuk tetap oposisi dan yang ingin merapat ke koalisi pemerintahan Joko Widodo....
  • HOT !
    Pelantikan presiden wakil presiden akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada Sabtu 20 Oktober besok di Gedung DPR RI. Setelahnya, presiden harus mengumumkan siapa siapa yang akan menjadi menteri yang membantunya dalam menjalankan urusan negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho - Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)