SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inggris Tolak Kembalikan Berlian Mahkota Ratu ke India

Jumat, 22 Februari 2013 13:15 by miko | 5094 hits
Inggris Tolak Kembalikan Berlian Mahkota Ratu ke India
asyik-sik.blogspot.com

Tentunya kamu sudah tahu betapa indahnya berlian yang ada di mahkota Ratu Inggris. Tapi tahukah kamu kalau berlian tersebut merupakan milik India. Bahkan Perdana Menteri Inggris David Cameron menegaskan menolak untuk mengembalikan berlian tersebut kepada India.

Dilansir dari Reuters, sebelumnya, berlian itu dirampas oleh Pemerintah Inggris pada masa kolonial. Berlian yang diberi nama Koh-i-Noor itu terpasang di mahkota milik ibu suri Kerajaan Inggris. Namun berlian 105 karat tersebut kini dipajang di museum agar dapat dilihat oleh publik.

“Saya tidak setuju untuk mengembalikan berlian itu ke India. Saya kira hal tersebut bukanlah hal yang bijak,” ungkap Cameron di sela-sela kunjungannya ke India.

“Yang penting kami merawat berlian itu dengan baik agar dapat dilihat oleh warga di seluruh dunia,” terang Cameron.

Baca juga: Afgan Beri Rossa Berlian Ratusan Juta, Tanda Sahabat Atau Tanda Cinta?

Keinginan India untuk memiliki kembali Koh-i-Noor telah lama dikemukakan. Bahkan tokoh spiritual India, Mahatma Ghandi sempat meminta Inggris mengembalikan berlian tersebut sebagai bentuk penyesalan terhadap aksi penjajahan yang mereka lakukan terhadap India.

Ketika Ratu Elizabeth mengunjungi India pada tahun 1997 lalu, banyak warga yang melakukan protes menuntut dikembalikannya Koh-i-Noor. Berlian itu berada di tangan Kerajaan Inggris sejak masa Ratu Victoria yang berkuasa pada 1850 silam.

India bukan satu-satunya negara yang menuntut barang antiknya dikembalikan oleh Inggris. Yunani juga sempat meminta Inggris memulangkan pahatan kuno Marmer Eldrin yang dirampas oleh seorang bangsawan Inggris dua abad yang lalu.

  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
  • HOT !
    Penyebaran konten digital kini harus lebih diperhatikan, karena jika terlalu sensitif bisa berakibat protes keras dari publik. Seperti yang dialami oleh seorang anggota DPRD Karawang bernama Hitler Nababan pada Selasa (22/5) ini....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)