home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inggris Tolak Kembalikan Berlian Mahkota Ratu ke India

Jumat, 22 Februari 2013 13:15 by miko | 5666 hits
Inggris Tolak Kembalikan Berlian Mahkota Ratu ke India
asyik-sik.blogspot.com

Tentunya kamu sudah tahu betapa indahnya berlian yang ada di mahkota Ratu Inggris. Tapi tahukah kamu kalau berlian tersebut merupakan milik India. Bahkan Perdana Menteri Inggris David Cameron menegaskan menolak untuk mengembalikan berlian tersebut kepada India.

Dilansir dari Reuters, sebelumnya, berlian itu dirampas oleh Pemerintah Inggris pada masa kolonial. Berlian yang diberi nama Koh-i-Noor itu terpasang di mahkota milik ibu suri Kerajaan Inggris. Namun berlian 105 karat tersebut kini dipajang di museum agar dapat dilihat oleh publik.

“Saya tidak setuju untuk mengembalikan berlian itu ke India. Saya kira hal tersebut bukanlah hal yang bijak,” ungkap Cameron di sela-sela kunjungannya ke India.

“Yang penting kami merawat berlian itu dengan baik agar dapat dilihat oleh warga di seluruh dunia,” terang Cameron.

Baca juga: Korset Mewah Bertabur Berlian Mencapai Harga Rp 290 Juta

Keinginan India untuk memiliki kembali Koh-i-Noor telah lama dikemukakan. Bahkan tokoh spiritual India, Mahatma Ghandi sempat meminta Inggris mengembalikan berlian tersebut sebagai bentuk penyesalan terhadap aksi penjajahan yang mereka lakukan terhadap India.

Ketika Ratu Elizabeth mengunjungi India pada tahun 1997 lalu, banyak warga yang melakukan protes menuntut dikembalikannya Koh-i-Noor. Berlian itu berada di tangan Kerajaan Inggris sejak masa Ratu Victoria yang berkuasa pada 1850 silam.

India bukan satu-satunya negara yang menuntut barang antiknya dikembalikan oleh Inggris. Yunani juga sempat meminta Inggris memulangkan pahatan kuno Marmer Eldrin yang dirampas oleh seorang bangsawan Inggris dua abad yang lalu.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)