home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Momen Bersejarah Saat Jokowi-JK Foto Bareng Habibie, Megawati dan SBY

Kamis, 17 Agustus 2017 16:00 by fzhchyn | 2379 hits
Momen Bersejarah Saat Jokowi-JK Foto Bareng Habibie, Megawati dan SBY
Image source: Istana Kepresidenan

DREAMERS.ID - Momen bersejarah nampaknya baru saja terjadi di Istana Merdeka dalam rangkaian upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 pada Kamis (17/8). Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berfoto bersama para tokoh yang pernah menjadi Presiden RI.

Presiden Jokowi dan Wapres JK mengabadikan potret bersama Presiden ketiga Bacharudin Jusuf Habibie (BJ Habibie), Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, dan Presiden keenam Susilo Bambang Yodhoyono (SBY).

Begitu upacara bendera selesai dilakukan, Jokowi langsung masuk ke dalam Istana Merdeka diikuti para tamu VVIP-nya tersebut. Karena berlangsung di dalam Istana, para tamu undangan yang hadir tak bisa melihat langsung momen keakraban presiden dan para mantan presiden. Namun, momen tersebut tertangkap kamera yang disiarkan langsung ke tenda-tenda tempat duduk para tamu undangan.

Dalam foto yang dirilis Biro Pers Setpres, Jokowi tampak mengenakan baju adat dari Kalimantan Selatan, sedangkan ibu negara Iriana yang juga ikut berfoto mengenakan baju adat Minangkabau. Jusuf Kalla mengenakan pakaian adat bugis, sementara istrinya, Mufidah Kalla, mengenakan baju adat yang mirip dengan Iriana.

Baca juga: Peringati Kemerdekaan RI Ke 73, Sukabumi Buat Spanduk Dari 25 Ribu Bungkus Kopi!

Megawati yang mengambil posisi paling tengah diapit Jokowi dan Jusuf Kalla. Habibie berada pada posisi paling kanan di sebelah Iriana. Sementara SBY yang mengenakan baju adat Betawi warna hitam dan istrinya Ani Yudhoyono yang mengenakan kebaya merah mengambil posisi paling kiri di sebelah Jusuf Kalla dan Mufidah Kalla.

Ini adalah pertama kalinya SBY menghadiri upacara kemerdekaan di Istana setelah lengser sebagai Presiden keenam RI. Pada HUT RI tahun 2015 dan 2016 lalu, SBY lebih memilih merayakan kemerdekaan di kampung halamannya di Pacitan.

Sementara Megawati juga tidak pernah hadir di Istana selama sepuluh tahun SBY menjabat. Namun, begitu SBY lengser dan digantikan Jokowi, Megawati tak pernah absen merayakan hari kemerdekaan di Istana.

Setelah sesi pertama, tamu yang ikut foto bertambah, mulai dari mantan Wakil Presiden Boediono dan istri Presiden keempat Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah. “Ini kan ratusan pakaian adat yang kita miliki. Suatu saat Kalimantan, Sumatera, Papua, Jawa, karena budaya kita sangat beragam. Inilah Indonesia," tutur Jokowi sebelum upacara.

(fzh/Detik/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)