SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Empat Proyek Infrastruktur Ini Disebut-sebut Akan Dibiayai Oleh Dana Haji

Minggu, 06 Agustus 2017 19:25 by muthiasp | 1422 hits
Empat Proyek Infrastruktur Ini Disebut-sebut Akan Dibiayai Oleh Dana Haji
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Pemerintah telah membentuk Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan berencana untuk menginvestasikan dana haji di bidang infrastruktur. Total dana haji yang telah terkumpul per 30 Juni 2017 telah mencapai Rp 99,34 triliun yang terdiri dari nilai manfaat sebesar Rp 96,29 triliun dan dana abadi umat sebesar Rp 3,05 triliun.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Bambang Brodjonegoro menyarankan agar dana haji diinvestasikan untuk hal yang bermanfaat dan berdampak lebih besar bagi jemaah haji di Indonesia, serta diurus dengan instrumen yang tepat dan sesuai syariah.

Dilansir dari laman Kompas, Bambang memaparkan empat proyek yang dinilai cocok untuk investasi dana haji. Pertama, pembangkit listrik terutama yang sudah punya perjanjian jual beli tenaga listrik antara perusahaan produsen listrik swasta (IPP) dengan PLN atau Power Purchase Agreement (PPA).

"Investasinya nanti digunakan untuk apa? Bisa ke pembangkit listrik yang sudah punya persetujuan dengan PLN. Sehingga kalau sudah selesai, maka PLN akan membayar setiap watt yang dihasilkan, jadi aman," jelasnya, mengutip Merdeka.

Kedua, yaitu proyek bandar udara atau bandara. Investasi infrastruktur yang satu ini dinilai cukup menjanjikan lantaran memiliki keuntungan besar. Perkembangan industri penerbangan dan peningkatan jumlah penumpang angkutan udara yang kerap mencapai double digit membuat investasi di infrastruktur bandara menjanjikan keuntungan yang besar.

Ketiga, proyek kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan skema aviability payment, artinya investor membangun dulu sampai selesai, setelah selesai infrastruktur beroperasi maka pemerintah membayar jasa layanan dari infrastruktur tersebut.

Keempat, investasi jalan tol khususnya jalan tol di pulau Jawa dan jalan tol di kota besar. Menurutnya, tidak ada jalan tol yang merugi bila dibangun di kota-kota besar sehingga investasi di infrastruktur ini juga menjanjikan. Menteri Bambang menambahkan pemerintah akan memilih ketat infrastruktur strategis sebagai salah satu yang bisa dibiayai dari investasi syariah. Mengingat potensi keuntungan yang lebih besar dibanding hanya menaruh dana di bank syariah.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Pimpinan Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un sering kali terlihat menaiki mobil mewah dalam beberapa kegiatannya bahkan di kunjungan ke luar negerinya. Mobil mewah itu terlihat ketika ia mengunjungi Singapura, Hanoi, dan Valdivostok sewaktu menggelar pertemuan tingkat tinggi dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin. ...
  • HOT !
    Sebuah studio animasi di Jepang dilaporkan terbakar pada Kamis (18/7) yang diduga mengakibatkan belasan orang tewas dan puluhan orang lainnya luka luka. Beberapa dokumentasi pun memperlihatkan asap tebal keluar dari jendela Gedung tiga lantai tersebut....
  • HOT !
    Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang menyelidiki penyerangan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan akhirnya mengungkap hasilnya. Salah satunya adalah jika serangan terhadap Novel Baswedan bukanlah karena motif pribadi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

FORUM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)