SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Empat Proyek Infrastruktur Ini Disebut-sebut Akan Dibiayai Oleh Dana Haji

Minggu, 06 Agustus 2017 19:25 by muthiasp | 1438 hits
Empat Proyek Infrastruktur Ini Disebut-sebut Akan Dibiayai Oleh Dana Haji
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Pemerintah telah membentuk Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan berencana untuk menginvestasikan dana haji di bidang infrastruktur. Total dana haji yang telah terkumpul per 30 Juni 2017 telah mencapai Rp 99,34 triliun yang terdiri dari nilai manfaat sebesar Rp 96,29 triliun dan dana abadi umat sebesar Rp 3,05 triliun.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Bambang Brodjonegoro menyarankan agar dana haji diinvestasikan untuk hal yang bermanfaat dan berdampak lebih besar bagi jemaah haji di Indonesia, serta diurus dengan instrumen yang tepat dan sesuai syariah.

Dilansir dari laman Kompas, Bambang memaparkan empat proyek yang dinilai cocok untuk investasi dana haji. Pertama, pembangkit listrik terutama yang sudah punya perjanjian jual beli tenaga listrik antara perusahaan produsen listrik swasta (IPP) dengan PLN atau Power Purchase Agreement (PPA).

"Investasinya nanti digunakan untuk apa? Bisa ke pembangkit listrik yang sudah punya persetujuan dengan PLN. Sehingga kalau sudah selesai, maka PLN akan membayar setiap watt yang dihasilkan, jadi aman," jelasnya, mengutip Merdeka.

Kedua, yaitu proyek bandar udara atau bandara. Investasi infrastruktur yang satu ini dinilai cukup menjanjikan lantaran memiliki keuntungan besar. Perkembangan industri penerbangan dan peningkatan jumlah penumpang angkutan udara yang kerap mencapai double digit membuat investasi di infrastruktur bandara menjanjikan keuntungan yang besar.

Ketiga, proyek kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan skema aviability payment, artinya investor membangun dulu sampai selesai, setelah selesai infrastruktur beroperasi maka pemerintah membayar jasa layanan dari infrastruktur tersebut.

Keempat, investasi jalan tol khususnya jalan tol di pulau Jawa dan jalan tol di kota besar. Menurutnya, tidak ada jalan tol yang merugi bila dibangun di kota-kota besar sehingga investasi di infrastruktur ini juga menjanjikan. Menteri Bambang menambahkan pemerintah akan memilih ketat infrastruktur strategis sebagai salah satu yang bisa dibiayai dari investasi syariah. Mengingat potensi keuntungan yang lebih besar dibanding hanya menaruh dana di bank syariah.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Penyebaran virus corona di Korea Selatan semakin gawat dengan munculnya ratusan kasus baru dalam waktu singkat. Untuk mengurangi kepanikan warga Indonesia yang ada di sana maupun akan ke sana, KBRI di Seoul memberikan himbauannya....
  • HOT !
    Ada puluhan warga negara Indonesia atau WNI yang merupakan kru kapal pesiar Diamond Princess. Dan belum lama, beredar sebuah video di mana para wni mengenakan masker dan memohon kepada Presiden Joko Widodo untuk memulangkan mereka secepatnya....
  • HOT !
    Virus Corona memang masih mewabah di berbagai negara, dan terus memakan korban jiwa, walaupun beberapa kasus menyatakan terdapat pasien yang dinyatakan sembuh dari penyakit corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)