SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Malaysia Siap Tindak Tegas Kesultanan Sabah

Rabu, 20 Februari 2013 13:15 by miko | 1600 hits
Malaysia Siap Tindak Tegas Kesultanan Sabah
kompas.com

Malaysia saat ini tengah dilanda pendudukan wilayah dengan Kesultanan Sabah. Pasalnya Kesultanan Sabah terus dilanda konflik setelah kerabat pihak kesultanan menduduki wilayah Lahad Datu dengan sekitar 400 orang bersenjata.

Dilansir dari AFP, Sultan Jamalul Kiram mengatakan, pengikutnya yang berjumlah 400 orang bersikeras untuk tidak meninggalkan Lahad Daru dan mengklaim wilayah tersebut daerah kekuasaannya. Sedangkan pihak Malaysia sendiri mendesak agar kelompok itu untuk segera kembali ke wilayah di Filipina.

“Untuk apa kami keluar dari rumah kami? Faktanya mereka (Malaysia) yang selama ini membayar uang sewa kepada kami,” ungkap Sultan Jamalul Kiram di Manila.

“Pengikut kami akan tetap bertahan di Lahad Datu. Tidak ada satu orang pun yang akan dikembalikan ke Filipina. Sabah adalah rumah kami,” terangnya.

Bahkan walaupun tidak secara terbuka, Sultan Kiram mengisyaratkan kalau pihaknya siap melakukan perlawanan keras. Tetapi dirinya tidak akan pernah menyerah kepada Negeri Jiran.

“Jika mereka membawa senjata, kami sudah siap di Sabah,” tambah Sultan.

Kesultanan yang berada di wilayah selatan Filipina itu, di masa lampau mengendalikan beberapa wilayah di Kalimantan, termasuk wilayah yang diperebutkan saat ini. Hingga saat ini keturunan dari kesultanan terus mendapatkan paket kompensasi dari pihak Malaysia, setelah disepakatinya perjanjian kepemilikan Sabah.

  • HOT !
    Perpres Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, resmi diteken oleh Presiden Jokowi. Yang terbaru, Perpres tersebut mengatur hak keuangan para kepala dan anggotanya. Perpres No 42 Tahun 2018 ini mengatur tentang hak keuangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di mana Kepala BPIP diduduki oleh Megawati Soekarnoputri dengan hak keuangan mencapai Rp112 juta....
  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
     Euforia mudik diprediksi mulai lebih awal karena libur dan cuti bersama dari pemerintah yang juga sudah ditetapkan dari beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan sudah jadi tradisi jika mudik identik dengan kemacetan....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)