home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kepanikan Gempa 6.7 SR yang Menghantam Turki dan Mesir Berujung Tsunami

Jumat, 21 Juli 2017 11:00 by reinasoebisono | 1293 hits
Kepanikan Gempa 6.7 SR yang Menghantam Turki dan Mesir Berujung Tsunami
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Gempa besar menghantam Bodrum, Turki dan Mesir yang dilaporkan memicu tsunami pada Kamis (20/7) Juli malam. Gempa berkekuatan 6.7 Skala Richter itu terjadi di area resort Turki dan pulau liburan favorit wisatawan di Mesir.

Sedikitnya 2 orang tewas dan ratusan lainnya terluka, sementara warga dievakuasi dan bermalam di luar ruangan untuk menghindari gempa susulan. Diperkirakan masih banyak warga yang terperangkap di bawah reruntuhan bangunan.



Image source: Daily Mail

Melansir Daily Mail, sejumlah gedung dan monumen di tengah kota runtuh, salah satunya adalah masjid terkenal, Kos yang berada di alun-alun kota. Lokasi terjadinya gempa memang selalu ramai oleh wisatawan asing, khususnya Inggris. Mereka bersaksi jika semua tiba-tiba bergoyang seperti jeli.

Baca juga: Ini Penyebab Gempa 4.8 SR Sumedang Menurut Badan Geologi

“Banyak warga yang lari ke jalan dengan masih berpakaian dalam. Beberapa masih membawa selimut dan bantal mereka serta tak yakin apakah aman untuk kembali ke rumah,” kata seorang saksi Kristian Stevens sekitar pukul 1.30 pagi waktu setempat.



Image source: Daily Mail

Tsunami kecil juga dilaporkan terjadi dan sempat membuat panik masyarakat. Sejumlah resort bintang 4 pun terendam banjir air laut akibat tsunami tersebut. Beberapa foto dan video yang memperlihatkan kepanikan ratusan warga pun tersebar.

Awalnya, gempa tersebut dilaporkan terjadi di laut dangkal, hanya sekitar 6.9 mil di bawah laut. Namun ternyata gempa tersebut cukup kuat dan mampu menyebabkan kerusakan parah. Turki memang dikenal rawan gempa karena berada di antara Lempeng Arab dan Lempeng Eurasia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)