home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Winnie the Pooh Dilarang di China, Apa Alasannya?

Rabu, 19 Juli 2017 18:00 by dodo07 | 1594 hits
Heboh Winnie the Pooh Dilarang di China, Apa Alasannya?
Image source: koreaboo

DREAMERS.ID - Winnie the Pooh merupakan salah satu karakter kartun menggemaskan yang disukai banyak orang. Selain tampilannya yang gemas, kartun yang menampilkan beruang madu dalam bentuk animasi ini juga dikenal dengan sosoknya yang baik hati dan setia kawan. Namun, belakangan ini netizen ramai membahas peraturan di China yang melarang Winnie the Pooh.

Melansir berbagai sumber, selama akhir pekan lalu, badan sensor pemerintah China dikabarkan menghapus Winnie the Pooh dari GIF (Graphics Interchange Format) animasi dan sejumlah posting-an di media sosial Sina Weibo dan aplikasi WeChat. Stiker-stiker Winnie the Pooh juga telah dihapus dari galeri resmi WeChat.

Meski terkesan aneh dan susah dipahami, ternyata maksud sebenarnya dari pelarangan ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk membatasi para blogger yang makin pintar mengakali sensor ketat di negara tersebut. Sebelumnya, para penulis blog di China menggunakan Winnie the Pooh saat membahas Presiden Xi Jinping.


Image source: koreaboo

Baca juga: Film Live Action 'Winnie The Pooh' Tidak Boleh Tayang di China, Apa Alasannya?

Seperti ketika Presiden Xi melakukan salaman yang kaku dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Para pengguna internet di China ramai membagikan foto Winnie the Pooh yang terlihat tidak tulus berjabat tangan dengan Eeyore, karakter berbentuk keledai.


Image source: koreaboo

Atau ketika media pemerintah mengeluarkan foto Presiden Xi berada di atas mobil sedan lengkap dengan bendera China. Tak lama kemudian muncul di internet foto Winnie the Pooh di atas mobil mungilnya. Ada pula meme dari foto Presiden Xi Jinping dan Barack Obama disandingkan dengan gambar Winnie dan rekannya Tiger saat berjalan bersama yang beredar di tahun 2013 lalu.


Image source: koreaboo

Menurut Global Risk Insights, gambar Presiden Xi berdiri di atap mobil disamakan dengan mainan anak-anak bertema Winnie the Pooh menjadi gambar paling disensor pada 2015. Meme tersebut bahkan memicu pemerintah China menambahkan kata ‘Winnie the Pooh’ dalam daftar hitam pencarian internet.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Tiga mantan eksekutif Loen Entertainment “Shin”, “Lee”, dan “Kim” telah dinyatakan bersalah dalam persidangan pertama mereka atas tuduhan mencuri royalti saat perusahaan itu mengoperasikan platform musik Melon....
  • HOT !
    E commerce Weverse Shop milik Big Hit Entertainment dikabarkan tengah menghadapi penyelidikan dari pengadilan konsumen. Dilaporkan bahwa konsumen yang melakukan pembelian dari Weverse Shop pada bulan April 2020, telah terlibat dalam kasus yang tidak terselesaikan dengan toko selama 8 bulan hingga sekarang....
  • HOT !
    Baru baru ini, tagar #Deepfake_StrictPunishment menjadi trending di Korea Selatan karena banyak yang menyerukan hukuman keras bagi mereka yang memproduksi atau mengonsumsi video semacam itu. Korbannya kebanyakan idola K Pop wanita....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)