home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lucu Tetapi 'Berbahaya', Pemerintah Cina Siap Perangi Kesalahan pada Terjemahan Inggris

Sabtu, 24 Juni 2017 16:00 by tyassss | 2175 hits
Lucu Tetapi 'Berbahaya', Pemerintah Cina Siap Perangi Kesalahan pada Terjemahan Inggris
Image source: dailymail.co.uk

DREAMERS.ID - Sejumlah foto dari negara Cina yang menunjukkan hasil terjemahan bahasa Inggris yang salah pada tanda-tanda di tempat umum, menu restoran, dan bahkan hingga nama sebuah merek telah hebohkan dunia maya. Meski telihat lucu, namun kesalahan ini cukup berbahaya karena dapat merusak citra negara.

Rupanya foto-foto tersebut merupakan contoh dari sekian banyak kesalahan terhadap 'Chinglish' di negara tersebut, di mana pemerintah siap untuk memberantasnya dan berjanji untuk menghapus setiap terjemahan bahasa Inggris buruk yang ditemukan.

Misalnya ada tanda dengan terjemahan ‘Racist Park’ (Taman Rasis), seharusnya dalam bahasa Inggris, taman tersebut memiliki makna yang lebih baik, yaitu 'Park of Ethnic Minorities' (Taman untuk Suku Minoritas). Selain itu ada juga, merek sebuah restoran kopi Starbucks menjadi ‘Starf**cks’ karena menggunakan terjemahan 'Chinglish' yang salah.

Baca juga: Herannya Dokter Spesialis Soal Melonjaknya Pneumonia di Cina, Indonesia Perlu Waspada?

Meskipun 'Chinglish' ini sudah lama menjadi daya tarik yang lucu bagi turis, namun pemerintah Negeri Tirai Bambu ini menganggapnya serius karena khawatir akan merusak citra negara. Ahli bahasa Cina juga khawatir bahwa 'Chinglish' menyebabkan masalah sosial, dan menahan perkembangan masyarakat multibahasa.

Untuk itu, pemerintah menerapkan standar nasional untuk terjemahan yang baru untuk menghindari terjemahan langsung yang menimbulkan ungkapan aneh. Penerapan ini juga akan terus diperhatikan akan berjalan efektif atau tidak.

Karena, upaya serupa untuk menghentikan 'Chinglish' sebelumnya telah gagal, sehingga membuat para pengamat online merasa ragu-ragu. Namun, Cina semakin fokus pada citra global. Sehingga, pemeritah berharap peraturan baru tersebut akan berhasil dan dapat ‘menyelamatkan’ kembali citra mereka.

(tys/Image source: dailymail.co.uk)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)