home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Habiskan Makanan, Jika Tak Ingin Denda di Restoran Ini

Sabtu, 16 Februari 2013 01:00 by miko | 2278 hits
Habiskan Makanan, Jika Tak Ingin Denda di Restoran Ini
wowkeren.com

Urusan habis atau tidak habis pada saat makan disebuah restoran merupakan masalah kecil yang tak memiliki dampak.  Tapi sebuah restoran di Jepang memaksa pengunjungnya untuk menghabiskan makanan. Jika tidak maka denda akan diberikan kepada pengunjung tersebut.

Aturan unik di restoran  Hachikiyo ini terletak di kota Sapporo ini menyediakan berbagai menu seafood dengan adalan telur ikan salmon. Untuk memesan menu tsukko meshi yang berupa nasi dengan telur salmon konsumen harus menyetujui peraturannya.

Rupanya itu adalah kesediaan pembeli untuk memberikan donasi jika tidak menghabiskan menu tersebut.  Hal tersebut dilakukan untuk menghargai kerja keras nelayan yang menangkap ikan hingga bisa tersaji di meja makan. Jadi restoran melarang keras pembeli meninggalkan meski hanya sebutir beras di piring. Tsukko meshi sendiri dihargai US$ 20 (Rp 200 ribu) per porsi.

Baca juga: Aturan Ketat Restoran Korea Batasi Pengunjung, Langgar Denda Puluhan Juta

“Kondisi nelayan saat melaut sangat berbahaya dan serba tak pasti apakah mereka bisa pulang hidup-hidup. Sehingga untuk menghormati kerja keras mereka bagi pengunjung yang tidak menghabiskan makanan itu harus memberikan donasi,” tulis penjelasan dalam peraturan itu.

Cara penyajian tsukko meshi ini juga unik dengan menirukan pengalaman nelayan. Pembeli tidak boleh menyentuh nasi yang dihidangkan sambil menunggu telur salmon dibagikan oleh pelayan. Setelah dikomando nantinya pelayan mulai membagikan sambil meneriakkan yel-yel yang harus diikuti para pengunjung.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)