home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Polisi Keluarkan Himbauan Tidak Takbiran Keliling dan Terkonsentrasi di Masjid

Senin, 19 Juni 2017 18:00 by reinasoebisono | 1265 hits
Alasan Polisi Keluarkan Himbauan Tidak Takbiran Keliling dan Terkonsentrasi di Masjid
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Lebaran tiba sebentar lagi, masyarakat tengah bersiap menyambutnya dengan suka cita, sebagain dari mereka bahkan memilih bepergian untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Namun ada kegiatan yang biasa dilakukan dalam rangka menyambut lebaran yakni takbiran keliling di malam sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Terkait masalah tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochammad Iriawan pun memberikan himbauan kepada masyarakat agar tak perlu melakukan takbir keliling karena kekhawatiran beberapa hal yang merugikan.

"Kami mengimbau untuk saudara-saudara kami yang mau takbiran, lebih baik dilakukan di masjid. Kan lebih terkonsentrasi. Tidak usah takbir keliling," ujar Iriawan, di Monas, Senin (19/6).

Meski begitu, Iriawan mengatakan ini bukanlah larangan, melainkan himbauan sehingga tidak ada sanksi bagi mereka yang tetap melakukan kegiatan takbiran keliling. Hanya saja, ada hal-hal yang sebaiknya dihindari untuk meminimalisir kejadian tak diinginkan.

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

"Besoknya kan bersama-sama melaksanakan Hari Raya Idul Fitri. Jadi di masjid saja, di tempat sekitar, itu lebih efektif. Nggak ada (sanksi). Kan kami sudah beri imbauan. Tapi Insya Allah dengan imbauan saya akan dimengerti masyarakat," 

Meski begitu, Iriawan tidak membenarkan himbauan ini dikeluarkan karena adanya peningkatan potensi kerawanan dan kejahatan di Jakarta. Alasannya selain kecelakan, juga mengurangi tingkat kemacetan jelang lebaran untuk persiapan hari raya esoknya.

"Kan sudah saya sampaikan, lebih baik di masjid, dekat dengan sekitarnya, ada keluarga di sana. Dari pada keluar, pertama takut terjadi kecelakaan, kedua takut terjadi gesekan, ketiga kemacetan, keempat buang buang energi, buang BBM (bahan bakar minyak)," katanya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)