DREAMERS.ID - Kegiatan belanja online kini telah menjadi salah satu perilaku aktif masyarakat. Disamping sifat kemudahan, efisiensi dan biaya lebih murah jadi alasan utama masyarakat memilih kemudahan belanja di dunia maya.
Namun ternyata ada beberapa perilaku yang dilakukan orang Indonesia selama Ramadhan dan jarang dilakukan di bulan-bulan lainnya. Memang, bulan suci banyak dihabiskan masyarakat untuk berbelanja online.
iPrice Group membandingkan 400.000 pengunjung website iPrice pada periode sebelum Ramadhan yaitu 22 April-4 Mei dan dua minggi awal Ramadhan pada tanggal 27 Mei-8 Juni. Dari data tersebut, terlihat 3 hal menarik dari konsumen Indonesia.
Waktu Sahur
Nyatanya, bukan siang hari saja waktu belanja online dilakukan. Traffic saat sahur justru melonjak sejam pukul 4 pagi. Hal ini diperkirakan karena masyarakat memiliki beberapa jam senggang yang bisa digunakan sembari bersiap melakukan aktivitas lainnya.
Banyaknya toko online yang memberi diskon besar saat sahur juga jadi daya tarik. Dan siapa sangka jika konsuman online pria lebih banyak 4-5% dari wanita. Terlihat pula jika pria menggunakan waktu paginya untuk berbelanja.
Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini
Istirahat SiangJam lain yang memiliki lonjakan signifikan adalah jam istirahat siang, sekitar pukul 12.00-13.00. Ada peningkatan cukup tinggi di waktu tersebut saat periode 2 minggu sebelum lebaran. Hal ini juga memperlihatkan perubahan perilaku masyarakat saat Ramadhan.
Jika sebelumnya istirahat siang digunakan untuk makan dan minum, tentu tidak di bulan Ramadhan. Kebalikan dengan jam sahur di atas, waktu istirahat siang ini justru didominasi oleh konsumen wanita yang lebih banyak 5% dibandingkan pria.
Pertumbuhan Konsumen Pria
Hasil unik lain adalah pertumbuhan jumlah konsumen baru pria lebih besar dari wanita pada periode Ramadhan. Dibandingkan 2 periode sebelum Ramadhan, ternyata konsumen baru pria meningkat 45%. Sedangkan konsumen baru wanita hanya bertambah sekitar 33%.
(rei)