home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penampakan Ambulans Roda Dua Unik yang Siap Beroperasi Selama Mudik Lebaran

Sabtu, 17 Juni 2017 10:00 by reinasoebisono | 944 hits
Penampakan Ambulans Roda Dua Unik yang Siap Beroperasi Selama Mudik Lebaran
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Jika biasanya ambulans yang memberikan pertolongan dan mengangkut pasien darurat menggunakan mobil atau kendaraan roda empat, tahun ini hadir ambulans roda dua yang menjadi salah satu alternatif mengantisipasi hal urgensi lain.

Hal ini berangkat dari banyaknya kasus kecelakaan atau gangguan kesehatan selama perjalanan mudik. Ambulans yang satu ini akan ada di sejumlah pos kesehatan yang terdapat di sepanjang jalur mudik tahun 2017.

Namun perlu diingat jika ambulan unik roda dua ini bukan untuk evakuasi korban atau yang membutuhkan, melainkan sebagai first responder. Artinya ia akan memberi respon kesehatan terdepan.


Image source: Detik

"Mereka memodifikasi sepeda motornya agar bisa punya fungsi untuk memberikan respons apabila ada yang memerlukan bantuan. Jadi bukan sebagai alat angkut untuk evakuasi, tetapi sebagai pemberi bantuan pertolongan awal ketika diperlukan," tutur Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, Dr Bambang Wibowo, SpOG(K), MARS, melansir Detik, Sabtu (17/6).

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

Ambulans roda dua ini dilengkapi dengan lampu rotari dan sirine, serta box emergency di bagian belakang. Box emergency di dalamnya terdapat peralatan kesehatan seperti alat pengukur tekanan darah (tensi), stetoskop, senter, termometer, dan alat lainnya.

Obat-obatan dan bahan habis pakai seperti oksigen mini, cairan infus beserta perlengkapannya juga terdapat di ambulans roda dua ini. Selain itu, ambulans ini juga dipersiapkan untuk menjangkau area yang sulit dan tidak bisa dijangkau mobil sehingga meningkatkan efisiensi penyelamatan.

"Kalau enggak bisa diakses baru memerlukan ambulans roda dua. Kalau untuk orang yang pusing dibonceng masih bisa, tapi kalau untuk yang sakit butuh tiduran ya enggak bisa," pungkas Dr Bambang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Najwa Shihab menjadi sorotan publik setelah mewawancarai bangku kosong. Kursi itu disediakan untuk Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang menolak hadir untuk diwawancarai di acaranya ‘Mata Najwa’....
  • HOT !
    Sebanyak tiga mantan petinggi PT Asuransi Jiwasraya (PT AJS) telah dituntut jaksa penuntut umum dengan hukuman penjara seumur hidup hingga 20 tahun penjara. Tindak korupsi ketiga orang ini disebut jaksa telah merugikan negara sekitar Rp 16 triliun!...
  • HOT !
    Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama akan merilis buku memoir berjudul A Promised Land pada 17 November 2020....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)