home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

HAM PBB Sebut Rudal Korea Utara Bisa Jangkau hingga Jawa Barat?

Kamis, 08 Juni 2017 13:00 by reinasoebisono | 1132 hits
HAM PBB Sebut Rudal Korea Utara Bisa Jangkau hingga Jawa Barat?
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Semakin mendapat tekanan dari beberapa negara, Korea Utara kerap mengklaim memiliki rudal jenis baru hingga uji coba sukses yang mulai membuat negara lain meningkatkan kewaspadaan. Tak terkait kegiatan ‘perangnya’, Indonesia harus memiliki cara lain yang lebih baik untuk menghindari dampaknya.

Karena menurut pelapor khusus PBB untuk HAM di Korea Utara, Marzuki Darusman, Korut kini memiliki rudal yang bisa berpotensi mengancam Indonesia. Jangkauan rudal tersebut menjangkau hingga Amerika dan Jawa Barat.

"Kemampuan Korea sekarang ini jangkauan rudalnya itu kalau ke arah utara sudah sampai Amerika kalau ke arah selatan sampai di Ciamis dan Pameungpeuk (Kabupaten Garut)," kata Marzuki di Kantor Amnesty Internasional Indonesia, Gedung HDI Hive, Menteng, Rabu (7/6).

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

Meski tak memiliki hubungan buruk, bukan berarti Indonesia tidak bisa jadi objek potensi oleh militer Korea Utara. Karena itu, Indonesia harus bergerak aktif mencari solusi untuk Korut yang punya catatan pelanggaran HAM terhadap warganya sendiri.

Dibanding ikut 119 negara lain yang menyatakan diri anti Korea Utara, Indonesia sebaiknya memiliki pendekatan lain untuk menyeleaikan masalah di Korut. Tekanan yang ada kini membuat Korut semakin terisolasi. Diharapkan, Indonesia memiliki peran agar Korea Utara tidak melimpahkan tekanan secara agresif kepada negara lain yang memusuhinya.

"Kita bisa memperkasai suatu dialog dan diskusi regional unggul menyelesaikan masalah Korea Utara. Mulai dari suatu konsensus bahwa ini penting tidak mengada-ada tapi demi kepentingan pertahanan keamanan nasional kita," tandas Marzuki.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)