home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Isi dan Hukuman Penyebar 'Fake Chat' Kapolri Bernada SARA

Minggu, 28 Mei 2017 15:57 by reinasoebisono | 3004 hits
Isi dan Hukuman Penyebar 'Fake Chat' Kapolri Bernada SARA
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Sempat beredar capture-an pesan WhatsApp antara Kapolri Tito Karnavian dan Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono yang bernada SARA soal tindakan menangani kasus, terutama kasus yang menjerat Rizieq Shihab dan Firza Husein.

Foto pesan yang disebarkan oleh akun Instagram @muslim_cyber1 itu ditegaskan bohong alias hoax oleh pihak kepolisian dan sang admin dikabarkan telah ditangkan. Pesan yang sering disebut fake chat itu dipermasalahkan karena mengandung konten kebohongan dan pencemaran nama baik.

Melansir Suara, fake chat itu berisi seakan-akan menunjukkan ada intervensi kasus penyebaran konten berbau pornografi yang diduga melibatkan pimpinan FPI Rizieq Shihab dan Firza Husein. Admin berinisial HP ini pun bisa terjerat undang-undang ITE.

Baca juga: Indonesia Akan Berlakukan Mikro Lockdown Untuk Tangkal Omicron, Apa Artinya?

"Undang-undang ITE ancaman hukuman enam tahun," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta, Minggu 28 Mei 2017. HP diancam Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 huruf a ayat 2 UU No 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1 UU No 40/2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Menurut Setyo, tersangka ditangkap Satgas Medsos Dittipid Siber Mabes Polri, Selasa 23 Mei 2017, sekitar pukul 05.00 WIB. Pelaku tengah berada di rumahnya, Jalan Damai No 90 RT 09/RW 04 Kelurahan Cipedak Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, kutip MetroTVNews.

HP pun diketahui masih muda, kelahiran tahun 1994 dan ditangkap bersama barang bukti yang berhasil di amankan dari pelaku HP berupa 1 Unit HP Xiaomi type note 3, 1 Simcard XL dan 1 Simcard 3.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)