home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Isi dan Hukuman Penyebar 'Fake Chat' Kapolri Bernada SARA

Minggu, 28 Mei 2017 15:57 by reinasoebisono | 2822 hits
Isi dan Hukuman Penyebar 'Fake Chat' Kapolri Bernada SARA
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Sempat beredar capture-an pesan WhatsApp antara Kapolri Tito Karnavian dan Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono yang bernada SARA soal tindakan menangani kasus, terutama kasus yang menjerat Rizieq Shihab dan Firza Husein.

Foto pesan yang disebarkan oleh akun Instagram @muslim_cyber1 itu ditegaskan bohong alias hoax oleh pihak kepolisian dan sang admin dikabarkan telah ditangkan. Pesan yang sering disebut fake chat itu dipermasalahkan karena mengandung konten kebohongan dan pencemaran nama baik.

Melansir Suara, fake chat itu berisi seakan-akan menunjukkan ada intervensi kasus penyebaran konten berbau pornografi yang diduga melibatkan pimpinan FPI Rizieq Shihab dan Firza Husein. Admin berinisial HP ini pun bisa terjerat undang-undang ITE.

Baca juga: Ditegur Medagri Tito Karnavian, Pasha Blak-Blakan Soal Kontroversi Rambut Pirang

"Undang-undang ITE ancaman hukuman enam tahun," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta, Minggu 28 Mei 2017. HP diancam Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 huruf a ayat 2 UU No 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1 UU No 40/2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Menurut Setyo, tersangka ditangkap Satgas Medsos Dittipid Siber Mabes Polri, Selasa 23 Mei 2017, sekitar pukul 05.00 WIB. Pelaku tengah berada di rumahnya, Jalan Damai No 90 RT 09/RW 04 Kelurahan Cipedak Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, kutip MetroTVNews.

HP pun diketahui masih muda, kelahiran tahun 1994 dan ditangkap bersama barang bukti yang berhasil di amankan dari pelaku HP berupa 1 Unit HP Xiaomi type note 3, 1 Simcard XL dan 1 Simcard 3.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Najwa Shihab menjadi sorotan publik setelah mewawancarai bangku kosong. Kursi itu disediakan untuk Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang menolak hadir untuk diwawancarai di acaranya ‘Mata Najwa’....
  • HOT !
    Sebanyak tiga mantan petinggi PT Asuransi Jiwasraya (PT AJS) telah dituntut jaksa penuntut umum dengan hukuman penjara seumur hidup hingga 20 tahun penjara. Tindak korupsi ketiga orang ini disebut jaksa telah merugikan negara sekitar Rp 16 triliun!...
  • HOT !
    Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama akan merilis buku memoir berjudul A Promised Land pada 17 November 2020....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)