SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makhluk Raksasa Misterius Terdampar di Laut Maluku Bikin Heboh, Cumi-Cumi atau Paus?

Kamis, 11 Mei 2017 20:15 by reinasoebisono | 3917 hits
Makhluk Raksasa Misterius Terdampar di Laut Maluku Bikin Heboh, Cumi-Cumi atau Paus?
Image source: Kumparan

DREAMERS.ID - Warga di sekitar Laut Maluku digegerkan oleh penemuan bangkai hewan raksasa. Tepatnya di pesisir Pantai Dusun Hulung, Desa Luhu, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku itu masih belum bisa teridentifikasi.

Awalnya, makhluk tersebut dianggap bangkai cumi-cumi raksasa oleh para nelayan. Namun kepastian apa sebenarnya jenis makhluk tersebut sebelum dilakukan penelitian lebih lanjut. Sayangnya, melansir Detik, bangkai tersebut sudah mengeluarkan bau tak sedap dalam radius 500 meter.


Image source: Detik

Ukurannya tak main-main, pemeriksaan awal menyatakan bangkai tersebut memiliki panjang 22 meter dan lebar 8 meter. Hewan ini juga memiliki 2 taring dengan panjang 5.5 meter. Ditemukan 4 tangan/sirip, 2 bagian depan 2 bagian belakang dengan panjang masing-masing 2.5 meter.

Sampel bagian kulit, sayap kanan, bagian daging, dan rahang pun di bawa ke Balai Riset Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta untuk diteksi DNA-nya. Dandim 1502/Masohi Letkol Inf Achmad Fikri Dalimunte juga sempat menjabarkan lebih lanjut soal bangkai ini.



Image source: Kumparan

"Memiliki ekor mirip ekor buaya dengan panjang 5,50 m. Makhluk tersebut diperkirakan mengeluarkan racun yang mengakibatkan ikan-ikan kecil dan taripang yang ada di sekitarnya mati. Kondisi bangkai mamalia laut tersebut sudah mengeluarkan bau tidak sedap sampai radius 500 meter," jelas Dalimunthe.

Dalimunthe pun meminta Pemkab SBB dan Pemrov Maluku memberi perhatian serius terhadap keberadaan bangkai tersebut karena akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Sementara itu, seorang pejabat KKP mengidentifikasi makhluk tersebut sebagai ikan paus, bukan cumi-cumi.

"Saya identifikasi dari foto itu paus, jenis sperm whale. Informasi nelayan ngotot itu cumi-cumi. Bisa bedakan bangkai superbusuknya baleen whale dan sperm whale, karena keduanya cenderung 'gemuk' saat sudah sangat membusuk dan besar sekali bangkainya. Sperm whale, sebusuk apa pun, dia nggak akan ditemukan lipatan kayak di bangkai baleen," terang Nasrun.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Senin (09/12) kemarin, kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) didatangi oleh Ikatan Awak Kabin Garuda (Ikagi) dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Mereka datang untuk melaporkan kondisi ‘tidak lazim’ ketika Garuda dipimpin oleh Ari Askhara....
  • HOT !
    Tahun 2019 hanya tersisa beberapa minggu lagi untuk sampai di tahun 2020. Di tahun 2020 pun mempunya rincian tanggal merah libur nasional dan cuti bersama, yang tentu wajib kalian ketahui....
  • HOT !
    Entah apa yang terjadi di tanah Bollywood, ketika seorang perempuan India berusia 23 tahun yang merupakan korban pemerkosaan massal justru dibakar hidup hidup saat dalam perjalanan menuju ke pengadilan untuk memperjuangkan keadilannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)