home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Komisi Yudisial Ingin Hakim Jauh dari Media Massa dan Pakai Hati Nurani Jelang Vonis Ahok

Minggu, 30 April 2017 18:35 by fzhchyn | 1167 hits
Komisi Yudisial Ingin Hakim Jauh dari Media Massa dan Pakai Hati Nurani Jelang Vonis Ahok
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Nasib Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama segera ditentukan dalam sidang vonis mendatang. Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara sebelumnya telah menetapkan jka putusan terhadap pria yang akrab disapa Ahok tersebut akan dibacakan pada tanggal 9 Mei 2017.

Jelang vonis, juru bicara Komisi Yudisial (KY) Farid Wadji Ibrahim meminta publik untuk menghargai apapun putusan majelis hakim terhadap terdakwa Basuki Tjahaja Purnama dalam kasus dugaan penistaan atau penodaan agama. "Kita tidak boleh menghakimi putusan hakim. Pakar juga tidak boleh protes," ujar Farid dalam diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (29/4).

Farid juga berharap majelis hakim tetap independen. Karena, hakim diberikan hak merdeka dan bebas dari intervensi atau campur tangan eksternal dalam mengeluarkan putusan. "Dalam konteks ini, hakim harus bebaskan dirinya dari intervensi.”

Baca juga: Wacana Premium Dihapus Namun Sulit Karena Mafia Migas, Ahok Setuju!

Bentuk intervensi bisa datang dari mana saja, Farid bahkan mengatakan hakim baiknya tak bersentuhan dengan berbagai jenis media massa yang ada. “Hakim enggak usah baca koran, dengar radio dan nonton TV.”

‎Farid menambahkan, selain bebas dari intervensi, putusan hakim harus didasarkan juga pada hati nuraninya. Harus menggunakan hati nuraninya. Hakim adalah wakil Tuhan dalam hukum, hakim harus pilih jalan sunyi," tegasnya.

(fzh/Tribunnews)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)