home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ahok Dituntut Penjara 1 Tahun dan Masa Percobaan 2 Tahun, Apa Artinya?

Jumat, 21 April 2017 01:00 by reinasoebisono | 3932 hits
Ahok Dituntut Penjara 1 Tahun dan Masa Percobaan 2 Tahun, Apa Artinya?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Gubernur Petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memang telah mendapat tuntutan dari jaksa dengan hukuman penjara 1 tahun dan masa percobaan 2 tahun. Hal ini masih akan dipastikan melalui vonis hakim nantinya.

Pakar hukum pidana Universitas Indonesia Gandjar Laksmana Bonaparta menjelaskan apa maksud dari masa percobaan dan apa beda serta pengaruhnya dengan hukuman penjara yang jadi tuntutan jaksa.

"Hukuman percobaan itu berarti terdakwa hanya akan menjalani pidana penjaranya, apabila dalam masa waktu percobaan melakukan tindak pidana apapun," kata Gandjar kepada Kompas.

Baca juga: Ketua Majelis Hakim Sidang Kasus Ahok Naik Jabatan

Dengan kata lain, jika Ahok berlaku baik dan tak terjerat kasus pidana apa pun selama 2 tahun, Ahok tidak menjalani hukuman penjaranya yang selama 1 tahun. Jika memang terjerat kasus pidana kembali, Ahok akan menjalani hukuman penjara 1 tahun ditambah hukumn kasus barunya nanti.

"(Hukuman) berlaku sejak putusan hakim dinyatakan berkekuatan hukum tetap alias inkracht van gewijsde," kata Gandjar.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum menyatakan Ahok bersalah dalam kasus penodaan agama. Pembacaan tuntutan itu dilakukan di sidang ke-20 yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Ausitorium Kementerian, Jakarta Selatan. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)