home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Hujan Es di Jakarta, Fenomena Alami Menurut BMKG?

Selasa, 28 Maret 2017 22:00 by reinasoebisono | 3079 hits
Heboh Hujan Es di Jakarta, Fenomena Alami Menurut BMKG?
Image source: Antara

DREAMERS.ID - Selasa (28/3) hari ini, sejumlah warga Jakarta dihebohkan oleh fenomena yang jarang terjadi. Dunia maya khususnya sosial media diramaikan oleh foto-foto es yang jatuh dari langit karena hujan sangat deras melanda sejumlah wilayah.

Respon cepat, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun mengatakan jika fenomena alam itu adalah hal biasa. Terutama, karena pada masa sekarang tengah terjadi musim pancaroba.

"Kejadian hujan lebat/es, disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat, lebih banyak terjadi pada masa transisi/pancaroba musim, baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya," demikian tulis Twitter @infoBMKG.

Baca juga: Fenomena Hujan Es Disertai Angin Kencang Terjadi di Wilayah Magelang

Lebih lanjut, akun resmi BMKG itu juga menjelaskan jika fenomena hujan es biasa terjadi pada transisi masa musim panas ke hujan atau pun sebaliknya seperti sekarang ini. Hujan es terjadi disertai petir dan angin kencan dalam durasi singkat, serta terjadi udara panas serta gerah sehari sebelumnya.


Penampakan es yang diambil warga di Kramat Jati, Jakarta Timur (Detik)

Hal ini juga dikuatkan oleh temuan BMKG di mana terdapat awan Cumulus (awan putih berlapis) yang segera berubah jadi Cumulonimbus yang berwarna abu-abu atau hitam. Hujan lebat tersebut sesuai perkiraan BMKG, terjadi antara pukul 16.00 hingga 19.15.

Tak hanya di Jakarta seperti Karet, Kuningan, Tebet, Setiabudi, Menteng, Palmerah hingga Kebon Jeruk, namun beberapa daerah di Bekasi hingga Kota Tangerang dan Tangerang Selatan juga diguyur hujan lebat.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)