SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tuai Kritik, Syarat Tabungan Pemohon Paspor 25 Juta Dihapus

Senin, 20 Maret 2017 23:00 by muthiasp | 1435 hits
Tuai Kritik, Syarat Tabungan Pemohon Paspor 25 Juta Dihapus
Image source: SurgaTraveller

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menetapkan aturan baru bagi siapapun yang ingin membuat paspor, yakni ketentuan kepemilikan tabungan sebesar 25 juta rupiah. Banyak mendapatkan kritik, ketentuan itu pun resmi dihilangkan.

"Masyarakat sepertinya kurang berkenan dengan kebijakan ini. Dalam bahasa intelijen media yakni, sentimen negatif," ujar Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno di kantornya, Senin (20/03), mengutip Liputan6. Alhasil, kalimat mengharuskan pemohon memiliki rekening Rp 25 juta itu akan dihilangkan.

Kebijakan itu awalnya dibuat atas dasar pertimbangan untuk mencegah perdagangan manusia atau TKI non prosedural, yang kerap menggunakan paspor dan visa berlibur padahal untuk bekerja. Terutama pasca kasus pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Nam, yang melibatkan WNI Siti Aisyah.

Baca juga: Sederet Paspor yang Diklaim 'Paling Berkuasa' di Dunia, Karena Apa?

Menurut dia, jika ingin membuat paspor yang ditekankan adalah keaslian dokumen yang dimiliki pemohon, "Intinya dokumen asli atau tidak, lalu motifnya genuine (asli) atau tidak. Karena jika tak genuine terjadilah kasus Aisyah-Aisyah yang lain," jelas Agung. 

Hal senada juga diutarakan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri, "Setahu saya syarat itu bukan untuk TKI yang berdokumen, tetapi untuk mencegah TKI non prosedural dan Tindak Pidana Perdagangan Orang," ujarnya saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan (20/03), mengutip Tempo.

Lebih lanjut, Hanif merasa kebijakan tersebut bisa memberikan efek positif, karena bisa membantu mengidentifikasi mana orang yang memang berniat menggunakan paspor untuk bekerja atau berlibur secara resmi, mana yang untuk bekerja secara ilegal.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat mulai bereaksi atas kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan yang dianggap cukup lama diungkap oleh pihak kepolisian. Sudah lebih dari 100 hari namun kasus dinilai belum memberi petunjuk berarti....
  • HOT !
    Jason Cashman Chollis, adalah seorang warga negara asing (WNA) yang ditemukan tak sadarkan diri di bawah pohon di area Kebun Raya Bogor pada Selasa (25/07) pagi. Ia ditemukan petugas keamanan setempat dalam keadaan tanpa busana dan langsung dibawa ke pos keamanan....
  • HOT !
    Kapolri Jenderal Tito Karnavian resmi melantik sejumlah perwira polisi termasuk Irjen Idham Azis sebagai Kapolda Metro Jaya yang baru pada hari Rabu (26/7) di Rupatama Mabes Polri, Jakarta. Irjen Idham Azis didapuk untuk menggantikan Irjen Mochamad Iriawan yang diangkat menjadi Asisten Operasi Polri (Asops)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : detii0730
Cast : Miss A Suzy, EXO Baekhyun, EXO Chanyeol, EXO Sehun, Miss A Min, 2PM Wooyoung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)