SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tuai Kritik, Syarat Tabungan Pemohon Paspor 25 Juta Dihapus

Senin, 20 Maret 2017 23:00 by muthiasp | 1462 hits
Tuai Kritik, Syarat Tabungan Pemohon Paspor 25 Juta Dihapus
Image source: SurgaTraveller

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu, Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menetapkan aturan baru bagi siapapun yang ingin membuat paspor, yakni ketentuan kepemilikan tabungan sebesar 25 juta rupiah. Banyak mendapatkan kritik, ketentuan itu pun resmi dihilangkan.

"Masyarakat sepertinya kurang berkenan dengan kebijakan ini. Dalam bahasa intelijen media yakni, sentimen negatif," ujar Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno di kantornya, Senin (20/03), mengutip Liputan6. Alhasil, kalimat mengharuskan pemohon memiliki rekening Rp 25 juta itu akan dihilangkan.

Kebijakan itu awalnya dibuat atas dasar pertimbangan untuk mencegah perdagangan manusia atau TKI non prosedural, yang kerap menggunakan paspor dan visa berlibur padahal untuk bekerja. Terutama pasca kasus pembunuhan saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Nam, yang melibatkan WNI Siti Aisyah.

Baca juga: Mulai Hari Ini Daftar Paspor Dipermudah Lewat Layanan via Whatsapp!

Menurut dia, jika ingin membuat paspor yang ditekankan adalah keaslian dokumen yang dimiliki pemohon, "Intinya dokumen asli atau tidak, lalu motifnya genuine (asli) atau tidak. Karena jika tak genuine terjadilah kasus Aisyah-Aisyah yang lain," jelas Agung. 

Hal senada juga diutarakan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Hanif Dhakiri, "Setahu saya syarat itu bukan untuk TKI yang berdokumen, tetapi untuk mencegah TKI non prosedural dan Tindak Pidana Perdagangan Orang," ujarnya saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan (20/03), mengutip Tempo.

Lebih lanjut, Hanif merasa kebijakan tersebut bisa memberikan efek positif, karena bisa membantu mengidentifikasi mana orang yang memang berniat menggunakan paspor untuk bekerja atau berlibur secara resmi, mana yang untuk bekerja secara ilegal.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Anton Lucanus, orang asing alias bule yang berpenampilan seperti pengemusi perusahaan online, Go Jek sempat jadi viral, ditambah dengan akun Instagram @ojekbule nya yang mengunggah banyak kegiatan. Komplit berseragam seperti jaket dan helm Go Jek, Anton Lucanus mengungkapkan alasan sesungguhnya melakukan hal tersebut....
  • HOT !
    Film ‘It’ sudah jadi primadona tak hanya di bioskop atau pun hati penonton, namun juga di media sosial karena banyaknya komik strip mau pun meme yang beredar terkait monster badut mengerikan, Pennywise....
  • HOT !
    Pertama kalinya Presiden Korea Utara, Kim Jong Un menanggapi Donald Trump. Pernyataan yang serupa dengan surat terbuka itu dirilis pada Kamis (21/09) kemarin. Dilansir dari laman Korea Herald seperti yang diberitakan kantor berita Korea Utara KCNA, pernyataan resmi itu berisikan kritik Kim Jong Un atas pidato Donald Trump, menyinggung gaya kepemimpinan, hingga nyatakan perang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)