home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gemar Belanja E-Commerce? Peraturan Baru Bea Cukai Ini Diklaim Untungkan Konsumen dan Penjual

Senin, 20 Maret 2017 13:45 by reinasoebisono | 1211 hits
Gemar Belanja E-Commerce? Peraturan Baru Bea Cukai Ini Diklaim Untungkan Konsumen dan Penjual
Image source: Scoop Whoop

DREAMERS.ID - Kegiatan berbelanja online kini sudah jadi tren di tengah masyarakat karena memudahkan dan cukup terpercaya. Terutama perilaku berbelanja online dengan barang dari luar negeri. Mulai dari gadget hingga make-up jadi favorit para surfer dunia maya.

Namun kendala masuknya barang di bea cukai sering jadi alasan keterlambatan sampainya barang di tangan pembeli. Kini, Bea Cukai akhirnya menerbitkan aturan baru terkait impor barang kiriman, yaitu Perdirjen No. PER-2/BC/2017.

Adalah semakin besarnya jumlah pembebasan barang kiriman yang diberikan oleh Bea Cukai. “Semula, diberikan pembebasan bea masuk sebesar FOB (free on board) US$ 50 setiap penerima barang per kiriman, sekarang menjadi FOB US$ 100 setiap penerima barang per kiriman," kata Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai, Robert Leonard Marbun.

"Namun, jika dulu barang yang melebihi pembebasan akan dikenakan bea masuk dan pajak impor atas kelebihannya, sekarang atas barang kiriman yang melebihi nilai pembebasan akan seluruhnya dikenakan bea masuk dan pajak impor,” lanjut Robert

Penerapan aturan ini pun dikatakan bertahap, dimulai dari  Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, dan selanjutnya akan diselenggarakan untuk Bea Cukai Ngurah Rai, Kualanamu, Juanda, dan kantor pabean lainnya.

Apabila dari hasil penelitian ternyata barang kiriman memiliki nilai di atas FOB US$ 100, maka pemilik barang diberikan keleluasaan untuk memilih. Apakah menggunakan CN dan dikenakan tarif 7,5% atau menggunakan dokumen Pemberitahuan Impor Barang Khusus (PIBK) untuk non badan usaha dan Pemberitahuan Impor Barang (PIB) untuk badan usaha, dengan dikenakan tarif sesuai jenis barang oleh petugas Bea Cukai.

Baca juga: Fantastis! Intip Nilai 'Bakar Duit' E-Commerce Untuk Belanja Iklan TV

Meski memberi keuntungan besarnya pembebasan barang kiriman, tentu beban dan tanggung jawab yang ditanggung si pemilik barang semakin besar. Di sisi lain, kelonggaran bea masuk ini dinilai merugikan penjual barang lokal karena masyarakat akan lebih mudah membeli barang dari e-commerce luar.

“Ini kan masuk ke Indonesia, saya juga bingung bagaimana pemerintah bisa bilang membantu e-commerce ya, berarti kan membantu pedagang (e-commerce) dari luar," kata Ketua Dewan Pembina, Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA), Hendrik Tio kutip media Kontan.

“Pedagang (e-commerce) dari luar negeri, barangnya akan semakin banyak masuk ke Indonesia. Saya merasakan justru kalau membebaskan bea masuk itu tidak baik untuk pedagang dalam negeri. Berarti kan import makin banyak, "tegas Hendrik.

-----

Yuk, datang ke acara tahunan terbesar Dreamers.id, Dreamers Festival 2017, 1 April di Piazza Gandaria City, Jakarta Selatan! Menghadirkan penampilan dari Sheryl Shenafia, Kevin and the Red Rose, 5Romeo, ICONS, Kandara, Stereo June, Zolder  dan masih banyak lagi.

Dreamers Festival 2017 juga akan diramaikan dengan Cover Dance dan Singing Cover, Fanbase Awards, Nobar Fanbase, Fashion Show by HijabKeren, Doorprize, dan lainnya. Untuk bisa mengikuti Doorprize, yuk daftarkan dirimu di www.dreamers.id/df2017. Acara ini GRATIS!

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)