home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jokowi: Keluarga Miskin Lebih Pilih Beli Rokok Daripada Belanja Makanan Bergizi

Selasa, 14 Maret 2017 19:00 by reinasoebisono | 1351 hits
Jokowi: Keluarga Miskin Lebih Pilih Beli Rokok Daripada Belanja Makanan Bergizi
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Setelah menghadiri Indonesia-Korea Bussines Summit, Presiden Jokowi bertemu dengan para pimpinan lembaga negara. Pertemuan itu membahas  tantangan global dan mengatasi masalah kesenjangan dalam masyarakat. 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengungkapkan informasi yang diterimanya cukup miris dan telah jadi ‘budaya’ di tengah masyarakat. Yaitu konsumsi rumah tangga keluarga miskin yang lebih memilih untuk membeli rokok.

"Informasi yang saya terima, rokok menempati peringkat dua konsumsi rumah tangga miskin, keluarga miskin lebih memilih belanja rokok daripada belanja makanan bergizi," kata Presiden Jokowi dalam rapat kabinet terbatas 

Masalah ini pelik karena ada dua hal yang harus diperhatikan dalam hal pertembakauan. Yaitu kesehatan keluarga dan kepentingan generasi bangsa serta masa depan anak-anak dari paparan rokok. Namun hal itu juga harus memperhatikan kesejahteraan dan kelangsungan hidup para petani tembakau.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

"Juga 4,2 kali lebih besar dari pengeluaran untuk beli daging, 4,4 kali lebih besar dari pengeluaran untuk biaya pendidikan dan 3,3 kali lebih besar dari biaya kesehatan," kata Presiden. "Ini juga penting, kemudian pekerja pertembakauan yang hidupnya sangat tergantung pada industri hasil tembakau,"

Karena bagaimana pun, hal di atas berdampak pada kualitas sumber daya manusia (SDM) di masa mendatang. Konsumsi produk tembakau dalam jumlah besar menyebabkan tingginya biaya kesehatan yang harus ditanggung masyarakat.

Namun presiden juga meminta laporan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman terkait langkah-langkah konkret yang telah dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani tembakau.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)