SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kerangka Raja Richard III Ditemukan Dibawah Parkiran

Rabu, 06 Februari 2013 09:00 by miko | 1737 hits
Kerangka Raja Richard III Ditemukan Dibawah Parkiran
yahoo.com

Meski Raja Richard III telah lama tewas dalam pertempuran tetapi jasad sang raja tak pernah ditemukan. Kali ini Ilmuwan telah mengkonfirmasi kerangka Raja Richard III yang ditemukan dibawah lahan parkir mobil di kota Leicester, Inggris.

Dilansir dari AFP, Raja Richard III secara luas di gambarkan sebagai salah satu penjahat paling terkenal dalam sejarah. Universitas Leicester mengatakan kerangka berusia 500 tahun tersebut memiliki luka pertempuran dan tulang belakang  melengkung. Sedangkan analisis DNA cocok dengan salah seorang keturunan generasi k-17 dari adik raja, Michael Ibsen.

“Ini adalah kesimpulan akademik dari Universitas Leicester yang, tanpa diragukan lagi, individu (tengkorak) yang mulai digali di Greyfriars pada September 2012, memang Richard III, raja Plantagenet Inggris yang terakhir,” ungkap arkeolog Richard Buckley dalam konferensi pers.

Temuan ini tentunya sebagai kado bagi sejarawan. Karena akhirnya memberikan bukti tegas tentang seorang raja yang hidupnya dipenuhi kontroversi sejak kematiannya pada Pertempuran Bosworth pada tahun 1485.

Tubuh Richard yang berdarah, diarak telanjang di jalan-jalan sebelum dimakamkan di sebuah makam tak bertanda di Greyfriars, sebuah biara di Leicester, Inggris. Para ilmuwan mengatakan bahwa kerangka memiliki 10 luka, delapan di tengkorak dan dua di tubuh, yang terjadi sekitar atau pada saat kematian.

Baca juga: Bangga, Nama Ilmuwan Wanita Indonesia Diabadikan Jadi Nama Asteroid!

Sementara itu, mahkota raja dikirimkan ke Henry VII dan Raja Tudor, yang dengan bantuan dramawan William Shakespeare, Richard digambarkan sebagai brutal dan penjahat. Shakespeare menulis lakon Richard III, sebuah drama tentang kehidupan tragis sang raja, sekitar 100 tahun kemudian.

Meski demikian, beberapa orang anggapan miring Richard III hanyalah gambaran dalam salah satu karakter eponymous Shakespeare. Karena itulah penemuan kerangka diharapkan menyajikan beberap hal untuk memulihkan reputasi sang raja.

Sejarawan sekarang berharap penemuan kerangka tersebut akan memungkinkan mereka untuk menghilangkan beberapa mitos tentang Raja Richard III dan melihat kembali apa yang dicapai secara singkat dalam dua tahun pemerintahannya.

Kerangka Raja Richard III akan kembali dimakamkan di Katedral Leicester, sesuai dengan praktik arkeologi untuk mengubur sisa-sisa di tanah suci terdekat.

Komentar
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)