SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jokowi Janji Lelang Jabatan Pasti Transparan

Senin, 04 Februari 2013 18:13 by miko | 1449 hits
Jokowi Janji Lelang Jabatan Pasti Transparan
dreamersradio.com

Gubernur DKI Jakarta yang sempat mewacanakan lelang jabatan untuk Camat dan Lurah, kini akan segera melaksanakan sistem tersebut pada pertengahan Februari ini. Ia pun berjanji proses pelaksanaan lelang jabatan Lurah dan Camat ini akan terbuka dan transparan.

“Ini sistem regulasinya sudah mau rampung. Nanti akan saya buka semuanya secara transparan,” ungkapnya. di Lagoa, Jakarta Utara.

Ide ini dimaksudkan untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang punya kapasitas. Lelang jabatan ini akan dilaksanakan untuk menyatukan visi dan misi Lurah, Camat, dan Walikota dengan Gubernur DKI, Joko Widodo.

“Supaya nanti bisa mendapat SDM yang memiliki kompetensi dalam memegang amanah jabatan tersebut,” terangnya.

Dua jabatan (Lurah dan Camat) itu akan dijadikan posisi awal yang akan dilelang. Orang-orang yang ingin mengikuti proses lelang akan disesuaikan dengan golongannya. Mereka yang berminat juga harus melalui uji kepatutan dan kelayakan serta berasal dari pegawai negeri sipil (PNS) eselon empat.

Baca juga: 7 'Kerajaan Bisnis' Milik Gibran dan Kaesang yang Jauh dari Pengaruh Jokowi

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan akan segera merealisasikan sistem lelang jabatan di satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Untuk tahap awal, sistem tersebut bakal diberlakukan untuk semua lurah dan camat di Jakarta.

Tak hanya itu, Basuki pun menjelaskan semua Lurah dan Camat harus mengerti gaya kerja dan keinginan Gubernur. Pasalnya selama memimpin Jakarta. Jokowi telah banyak memberikan contoh, bahkan pengarahan langsung kepada semua Lurah, Camat, dan Walikota.

Mantan Bupati Belitung Timur itu sengaja mendahulukan evaluasi dan lelang jabatan di jajaran lurah serta camat karena mereka adalah pamong terdepan yang mengetahui masalah dan bersentuhan dengan warga.

Pamong yang dianggap memiliki kinerja baik tentu akan dipertahankan. Namun sebaliknya, peluang pencopotan menjadi besar untuk mereka yang memiliki kinerja rendah dan buruk. Lelang jabatan dilakukan untuk membangun transparansi dalam penentuan jabatan sekaligus menjaring sumber daya manusia yang sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)