home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jokowi Janji Lelang Jabatan Pasti Transparan

Senin, 04 Februari 2013 18:13 by miko | 1539 hits
Jokowi Janji Lelang Jabatan Pasti Transparan
dreamersradio.com

Gubernur DKI Jakarta yang sempat mewacanakan lelang jabatan untuk Camat dan Lurah, kini akan segera melaksanakan sistem tersebut pada pertengahan Februari ini. Ia pun berjanji proses pelaksanaan lelang jabatan Lurah dan Camat ini akan terbuka dan transparan.

“Ini sistem regulasinya sudah mau rampung. Nanti akan saya buka semuanya secara transparan,” ungkapnya. di Lagoa, Jakarta Utara.

Ide ini dimaksudkan untuk mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang punya kapasitas. Lelang jabatan ini akan dilaksanakan untuk menyatukan visi dan misi Lurah, Camat, dan Walikota dengan Gubernur DKI, Joko Widodo.

“Supaya nanti bisa mendapat SDM yang memiliki kompetensi dalam memegang amanah jabatan tersebut,” terangnya.

Dua jabatan (Lurah dan Camat) itu akan dijadikan posisi awal yang akan dilelang. Orang-orang yang ingin mengikuti proses lelang akan disesuaikan dengan golongannya. Mereka yang berminat juga harus melalui uji kepatutan dan kelayakan serta berasal dari pegawai negeri sipil (PNS) eselon empat.

Baca juga: Agak Di Luar Nurul, Jokowi Ungkap Kaesang Telah Minta Restu Masuk PSI?

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan akan segera merealisasikan sistem lelang jabatan di satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Untuk tahap awal, sistem tersebut bakal diberlakukan untuk semua lurah dan camat di Jakarta.

Tak hanya itu, Basuki pun menjelaskan semua Lurah dan Camat harus mengerti gaya kerja dan keinginan Gubernur. Pasalnya selama memimpin Jakarta. Jokowi telah banyak memberikan contoh, bahkan pengarahan langsung kepada semua Lurah, Camat, dan Walikota.

Mantan Bupati Belitung Timur itu sengaja mendahulukan evaluasi dan lelang jabatan di jajaran lurah serta camat karena mereka adalah pamong terdepan yang mengetahui masalah dan bersentuhan dengan warga.

Pamong yang dianggap memiliki kinerja baik tentu akan dipertahankan. Namun sebaliknya, peluang pencopotan menjadi besar untuk mereka yang memiliki kinerja rendah dan buruk. Lelang jabatan dilakukan untuk membangun transparansi dalam penentuan jabatan sekaligus menjaring sumber daya manusia yang sesuai dengan kompetensi masing-masing.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)