home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Nilai Sempurna, Mahasiswi Anak Tukang Becak Ini Dapat Program Kehormatan ITB

Minggu, 12 Februari 2017 21:07 by reinasoebisono | 2505 hits
Nilai Sempurna, Mahasiswi Anak Tukang Becak Ini Dapat Program Kehormatan ITB
Image source: Banten News

DREAMERS.ID - Prestasi tentu menjadi sesuatu yang membanggakan, tak terkecuali untuk mahasiswi Institute Teknologi Bandung (ITB) satu ini. Herayati yang memilih jurusan Kimia Fakultas Matematika dan IPA atau FMIPA ini tak menyangka akan menjadi salah satu mahasiswi berprestasi tahun ini.

Melansir Detik, gadis yang akrab disapa Hera ini mendapatkan Indeks Prestasi (IP) 4 alias nilai sempurna di semester 5 yang diakuinya justru adalah semester yang berat. Pelajaran praktik dan kuliah tambahan pun harus dilaluinya.

Namun kesulitan itu terbayar dengan mendapatkan mata kuliah Principa Kimia yang berasal dari program honours (kehormatan) yang memang dikhususkan untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata.



Image source: Detik

"Nggak nyangka sama sekali bisa dapat IP 4 di semester 5. Karena semester 5 ini berat, banyak praktik dan ngambil mata kuliah tambahan juga dari program honours yang saya ikuti," kata Hera.

Baca juga: Tas Anti Copet Karya Mahasiswa Indonesia Berhasil Menangkan Penghargaan di Korea Selatan

Masih muda, Hera yang masih berusia 19 tahun itu juga mendapatkan penghargaan dari Dekan FMIPA. Selain itu, ia juga berkesempatan mengikuti program unggulan bernama fast track yang memungkinkannya bisa menyelesaikan S1 dan S2 hanya dalam waktu 5 tahun saja! Hal ini bisa terjadi karena di semester 7 dan 8, Hera bisa mengambil mata kuliah S2.

Salah satu resep yang ia terapkan selain belajar tentunya adalah meningkatkan ibadah seperti puasa Senin-Kamis, Solat Dhuha dan mendekatkan diri dengan Tuhan. Ia pun mengaku sudah menyukai mata pelajaran Kimia sejak SMA yang membantunya memahami materi di dunia perkuliahan.


Muhammad Sawiri, Ayah Herayati yang berprofesi sebagai tukang becak (Detik)

Menurut Hera, salah satu motivasinya untuk terus berprestasi adalah orang tua. Ayahnya yang berprofesi sebagai tukang becak dan tidak memiliki latar belakang pendidikan tinggi membuatnya ingin membanggakan orangtua lewat nilai kuliah.

Hera adalah anak bungsu dari 4 bersaudara yang tinggal di Grogol, Cilegon, Banten. Ia pun berharap bisa mendapatkan beasiswa lagi untuk melanjutkan kuliah S2 nanti.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)