home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Khawatir, Lakukan Hal Ini Jika Tak Dapat Undangan Pemilih Saat Pilkada

Minggu, 12 Februari 2017 17:00 by reinasoebisono | 1534 hits
Jangan Khawatir, Lakukan Hal Ini Jika Tak Dapat Undangan Pemilih Saat Pilkada
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Hari pencoblosan pilkada serentak akan segera dilaksanakan dan tinggal menghitung hari. Gaung untuk jangan golput pun kerap dikumandangkan, namun tidak sedikit warga yang khawatir akan hak pilihnya tidak terdaftar.

Melansir Liputan6, warga yang tidak mendapat surat undangan memilih atau formulir C6 pun tidak perlu khawatir kehilangan hak pilihnya. Karena meski tidak mendapatkan atau kehilangan, warga dipersilahkan datang dengan membawa dokumen penting lainnya.

"Jika tidak memiliki surat undangan memilih, baik karena kehilangan ataupun tidak mendapat sama sekali dari panitia pemilihan setempat di desa masing-masing, cukup membawa e-KTP ataupun paspor untuk dilihat dan dicocokkan dengan daftar pemilih di desa masing-masing," kata Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe, Dedy Syahputra.

Baca juga: Simpang Siur Ahmad Dhani Bebas Hari Ini Atau Desember Nanti, Akan Langsung Maju Pilkada?

Karena menurut Dedy, jika seseorang telah memiliki hak pilih, datanya akan tetap ada menurut lokasi domisili atau tempat tinggal. Datanya pun dapat dicocokkan dengan Nomor Induk Kependudukan atau NIK.

Lain lagi jika kasusnya adalah tidak mengetahui di mana lokasi pasti harus mencoblos. Warga hanya cukup menemui Panitia Pemungutan Suara di desa masing-masing untuk memeriksanya lebih lanjut. Karena, petugas KPPS serta anggota Linmas setempat wajib memberikan arahan dan membantu pemilih menggunakan suaranya.

Akan tetapi, jika KTP yang dimiliki belum bersifat elektronik atau E-KTP, diharuskan rekam data terlebih dahulu ke kelurahan. Menurut informasi yang disampaikan Calon Gubernur Petahana Ahok, warga meminta surat keterangan dari Dukcapil dan ke TPS dengan membawa Kartu Keluarga (KK) asli.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kasus virus corona atau COVID 19 terkonfirmasi di Indonesia semakin meningkat dengan yang terkonfirmasi mencapai 81.668 dengan penambahan hari ini sebanyak 1.574 kasus positif....
  • HOT !
    Tim Gugus Tugas menyatakan bahwa kasus kekerasan berbasis gender semakin meningkat ditengah pandemi virus corona. Reisa Broto Asmoro, selaku Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, mengatakan korban kekerasan tidak seharusnya dibiarkan menghadapi kasus kekerasan seorang diri....
  • HOT !
    Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan kembali membuka operasional bioskop secara serentak di Indonesia. GPBSI mewakili para pengusaha bioskop terdiri atas Conema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum dan New Star Cineplex....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : princessnanda
Cast : nanda(you),exo,super junior,edo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)