home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidak Turun ke Jalan, Aksi Damai 112 Dilangsungkan di Istiqlal

Jumat, 10 Februari 2017 13:20 by Dits | 1352 hits
Tidak Turun ke Jalan, Aksi Damai 112 Dilangsungkan di Istiqlal
Image source: Liputan6.com

DREAMERS.ID - Aksi damai yang digelar pada 11 Februari mendatang sempat memicu kontra sebagian pihak yang meminta agar tidak dilakukan karena dekat dengan masa tenang sebelum hari pencoblosan Pilkada 2017. Pihak Polda Metro Jaya pun telah melarang massa untuk melakukan aksi turun ke jalan.

Sempat terjadi perdebatan, namun pada akhirnya aksi 112 tetap dilangsungkan namun tidak dengan turun ke jalan. Menurut Pimpinan FPI Rizieq Shihab acara yang semula akan berjalan dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI) diubah menjadi zikir bersama di Masjid Istiqlal.

"Aksi 11 Februari akan tetep dilaksanakan. Tapi yang ingin ikut aksi telah mengambil inisiatif dengan memindahkan lokasi kegiatan dari Monas menjadi di Masjid Istiqlal," ujar Rizieq usai bertemu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di rumah dinas Menkopolhukam, Jakarta, Kamis (9/2) seperti mengutip Antara.

"Kebetulan ada dua paslon yang akan kampanye terakhir pada hari itu, kedua paslon bisa saja mengerahkan massa yang cukup besar dalam aksi tersebut. Kami tidak mau terjebak dalam kampanye mereka, maka itu kami ambil keputusan agar digelar di Istiqlal," lanjutnya.

Baca juga: Tak Kenakan Kemeja Kotak-kotak, Ahok dan Keluarga Nyoblos di TPS 54

Rizieq juga menegaskan, bahwa pihaknya telah berkomitmen agar tidak melanggar undang-undang saat menggelar aksi di Istiqlal.

Di lain pihak, Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI Bachtiar Nasir menambahkan kalau aksi tersebut juga dilaksanakan dengan menggelar salat Subuh berjemaah yang kemudian akan dilanjutkan dengan acara tausiah nasional.

"Tidak boleh ada hal-hal yang bisa mengganggu ketertiban umum. Tidak boleh ada yang menimbulkan provokasi. Kita akan bekerja sama dengan aparat. Kami perjelas secara resmi, bahwa tidak ada long march. Kalau ada itu bukan GNPF. Kami tidak bertanggung jawab atas itu," ujar Bachtiar. 

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)