home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dikirim dari Kamboja, Bea-Cukai Amankan Sejumlah E-KTP Palsu

Jumat, 10 Februari 2017 11:35 by tyassss | 1333 hits
Dikirim dari Kamboja, Bea-Cukai Amankan Sejumlah E-KTP Palsu
Image source: opini.id

DREAMERS.ID - Berada di era yang serba canggih, masyarakat juga nampaknya harus lebih berhati-hati dalam berbagai resiko yang ditimbulkan. Seperti halnya barang-barang yang kini banyak dibuat tiruannya alias palsu.

Dan lebih parahnya lagi, baru-baru ini petugas Bea dan Cukai menemukan adanya pengiriman sejumlah kartu tanda penduduk alias KTP palsu. Kementerian Dalam Negeri membenarkan ada pengiriman KTP berbasis elektronik (e-KTP) palsu tersebut dari Kamboja.

Kini KTP palsu itu telah diamankan oleh pihak Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta. Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah mengatakan, e-KTP palsu disimpan di sebuah kardus berukuran kecil. Namun, Zudan belum mengetahui jumlah e-KTP palsu yang diamankan tersebut.

Baca juga: Warga Ramai Kumpulkan Foto KTP Untuk Jaminan Penangguhan Penahanan Ahok!

Zudan juga mengatakan bahwa kasus ini sudah delik hukum sehingga akan segera dilimpahkan ke pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya, seperti dilansir dari CNN, Kamis (09/02). Dirjen Dukcapil Kemendagri akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk memverifikasi lebih lanjut kasus tersebut.

Kemendagri juga menyatakan jika kartu identitas tersebut tak bisa digunakan dalam Pemilihan Kepala Daerah 2017, walaupun detail e-KTP palsu itu belum diketahui. Saat inspeksi mendadak (sidak) di Direktorat Jenderal Bea Cukai, anggota Komisi II DPR Ahmad Baidowi mengatakan mereka juga menemukan 32 Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) palsu.

Atas penemuan tersebut Komisi II meminta agar dilakukan penyelidikan mendalam. "Dalam masa-masa mendekati Pilkada, kasus kiriman e-KTP ini rawan dikaitkan dengan persoalan politik yang cukup sensitif. Lebih jauh lagi, e-KTP tersebut juga rawan disalahgunakan," kata Baidowi dalam keterangannya kepada wartawan.

(tys/cnn indonesia)

Komentar
  • HOT !
    Kasus virus corona atau COVID 19 terkonfirmasi di Indonesia semakin meningkat dengan yang terkonfirmasi mencapai 81.668 dengan penambahan hari ini sebanyak 1.574 kasus positif....
  • HOT !
    Tim Gugus Tugas menyatakan bahwa kasus kekerasan berbasis gender semakin meningkat ditengah pandemi virus corona. Reisa Broto Asmoro, selaku Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, mengatakan korban kekerasan tidak seharusnya dibiarkan menghadapi kasus kekerasan seorang diri....
  • HOT !
    Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan kembali membuka operasional bioskop secara serentak di Indonesia. GPBSI mewakili para pengusaha bioskop terdiri atas Conema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum dan New Star Cineplex....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : princessnanda
Cast : nanda(you),exo,super junior,edo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)