home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

AS Perketat Keamanan, Pengunjung Akan Dimintai Password Medsos Saat Urus Visa?

Kamis, 09 Februari 2017 11:00 by tyassss | 1200 hits
AS Perketat Keamanan, Pengunjung Akan Dimintai Password Medsos Saat Urus Visa?
Image source: kompas.com

DREAMERS.ID - Meski Indonesia tidak termasuk negara yang dilarang memasuki Amerika Serikat untuk beberapa waktu kedepan, tetapi mungkin bagi warga yang berniat untuk berkunjung ke negara Paman Sam tersebut akan diharuskan melewati satu syarat baru.

Melansir Kompas, Menteri Keamanan Dalam Negeri AS John Kelly, saat berbicara di depan anggota parlemen di Washington DC pada Selasa (07/02) waktu setempat, mengatakan rencanan bahwa calon pengunjung harus menyerahkan password atau kata sandi media sosial mereka.

"Kami tengah melakukan kajian tentang cara-cara melakukan pemeriksaan atau pengecekan yang lebih mendalam. Mungkin kami akan meminta kata sandi media sosial (orang-orang yang akan masuk ke AS)," ucap Kelly.

Kelly juga menjelaskan bahwa pemeriksaan tambahan seperti ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi orang-orang yang mungkin menjadi sumber ancaman keamanan. Terutama bagi warga dari tujuh negara, Iran, Irak, Libia, Somalia, Sudan, Suriah, dan Yaman.

Baca juga: Intip Koleksi Hijab Pertama dari Brand Tommy Hilfiger

Karena menurut AS ketujuh negara tersebut tidak memiliki 'sistem pengecekan latar belakang' yang sangat kuat sehingga menurut Kelly akan sangat sulit untuk mengetahui latar belakang orang-orang dari ketujuh negara tersebut.

Kelly juga mengatakan alasan pengecekan tambahan dengan password medsos tersebut agar AS bisa mengetahui apa yang pengunjung lakukan di internet. "Jika mereka menolak, mereka tak bisa masuk ke AS," tegasnya.

Kelly juga menegaskan bahwa sejauh ini syarat menyerahkan kata sandi media sosial belum dimasukkan dalam peraturan visa. Tetapi, ia memastikan jika kedepannya syarat-syarat untuk mendapatkan visa AS akan makin diperketat sehubungan perintah eksekutif Presiden Donald Trump yang isinya melarang masuk ke AS selama 90 hari bagi warga dari tujuh negara tersebut.

(tys/kompas)

Komentar
  • HOT !
    Selama pandemi COVID 19 telah tercatat lebih dari 30 juta kasus di dunia. Sekitar 215 negara terdampak pandemi ini. Dilansir dari Worldometers, total kematian akibat virus corona di dunia sudah mencapai 1 juta kasus....
  • HOT !
    Pada Kamis (24/9), outlet media lokal Korea Utara Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengirimkan sekeranjang bunga ke Kim Jong Un....
  • HOT !
    Polisi berhasil menangkap pelaku percobaan penipuan terhadap putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Empat pelaku berinisial AF, GR, MR, dan DFY yang ditangkap ternyata masih di bawah umur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)