home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dilarang di China, Tujuan Penyebaran 'Hallyu' Beralih ke Indonesia dan Negara Asia Tenggara

Jumat, 03 Februari 2017 14:30 by fzhchyn | 5928 hits
Dilarang di China, Tujuan Penyebaran 'Hallyu' Beralih ke Indonesia dan Negara Asia Tenggara
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Seperti yang diketahui, China merupakan salah satu negara dengan pasar penikmat konten Hallyu (budaya Korea) terbesar. Namun sejak diterapkan larangan masuknya K-Pop, K-Drama, dan para pelaku hiburan Korea di Negeri Tirai Bambu dalam beberapa bulan terakhir, tujuan penyebaran Hallyu pun bergeser.

Dengan China yang kehilangan daya tariknya bagi para produsen dan pelaku industri hiburan Korea, negara-negara di Asia Tenggara pun muncul sebagai tujuan penyebaran konten K-Drama dan K-Pop di masa mendatang.

Selama ini Jepang dan China memang menjadi pasar yang menguntungkan bagi penyebaran Hallyu, namun perselisihan bersejarah dan konflik diplomatik telah lama menghambat keberhasilan lebih lanjut sehingga dinyatakan tidak aman untuk bisnis hiburan.

Meskipun pasar Hallyu di negara-negara ASEAN terbilang kecil, namun meningkatnya popularitas konten hiburan Korea dan pertumbuhan populasi generasi muda di sana rupanya menarik para pengusaha untuk menjalankan bisnis di negara-negara Asia Tenggara.

Baca juga: Lebih dari 1 Juta Turis Asing Datang ke Korsel Berkat Hallyu, BTS Puncaki Survei Popularitas

“Lebih dari setengah penduduk Vietnam berusia 20-30an. Generasi muda sensitif terhadap tren dan kami melihat potensi besar untuk pengembangan konten Korea selama 20 hingga 30 tahun ke depan. Orang Vietnam menyukai drama Korea yang romantis,” ujar Yoon, seorang pengusaha hiburan Korea.

Sementara itu, Indonesia yang menjadi negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dengan banyaknya generasi muda juga menjadi salah satu incaran pasar Hallyu. Menurut sebuah laporan oleh Korea Agency Creative Content (KOCCA), Indonesia merupakan pasar yang tumbuh tercepat untuk konten hallyu dengan tingkat pertumbuhan tahunan 11,8 persen hingga 2019. Ini juga merupakan pasar terbesar di Asia Tenggara.

Hal ini sebenarnya sudah mulai terlihat dengan semakin banyaknya konten hiburan Korea yang tayang di Indonesia dan juga menjadikan Tanah Air sebagai lokasi syuting program Korea dan pemotretan bahkan menjadi destinasi wisata para idola.

(fzh/Korea Times)

Komentar
  • HOT !
    Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea bersama dengan Korea Creative Content Agency (KOCCA) akan menyelenggarakan K EXPO INDONESIA 2024 di Jakarta, Indonesia, dari tanggal 14 hingga 17 November 2024....
  • HOT !
    Prabowo Subianto sebagai Presiden Terpilih yang akan dilantik pada akhir pekan ini diketauhi telah dan sedang menggelar pembekalan anggota kabinet di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang juga adalah kediaman pribadinya....
  • HOT !
    Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengunjungi Divisi Infanteri ke 15 Angkatan Darat pada Selasa (17/9), yang merupakan tempat RM BTS saat ini bertugas sebagai bagian dari band militer....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)