SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Minta Maaf Pada Panglima TNI, Begini Janji Militer Australia Soal Penghinaan Pancasila

Kamis, 05 Januari 2017 17:35 by reinasoebisono | 1820 hits
Minta Maaf Pada Panglima TNI, Begini Janji Militer Australia Soal Penghinaan Pancasila
Image source: Rappler

DREAMERS.ID - Insiden materi pembelajaran militer Australia tentang Indonesia memicu perdebatan yang berujung diputus sementara kerja sama militer antar kedua negara. Meski Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu meminta jangan sampai ada kericuhan atau pun merusak hubungan, nyatanya pihak Australia meminta maaf.

Hal ini dikonfirmasi oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo via Metrotvnews. Surat permohonan maaf itu diberikan militer Australia, Australian Defence Force (ADF) melalui Marsekal AU Mark Binskin terkait penghinaan Pancasila.

"Akhirnya beliau mengirim surat kepada saya, permohonan maaf," ujar Gatot. "Mereka juga akan mengirimkan kepala staf angkatan (chief army Australia) kepada Kasat dan kepada saya,"

Baca juga: Restoran di Australia Andalkan Menu Burger hingga Taco Isi Indomie, Mau Mencoba?

Selain itu, pihak militer Australia juga berjanji akan memperbaiki kurikulum tersebut dan menginvestigasi hal yang diduga menjadi penyebab putusnya hubungan kerja sama sementara. Sebagai balasan, Panglima TNI mengirimkan ucapan terima kasih atas permintaan maaf tersebut.

Meski begitu, penghentian program kerja sama militer diakui Gatot masih akan dihentikan. Pembicaraan lanjutan akan dilakukan setelah hasil investigasi didapatkan. Sebelumnya, dilaporkan ada oknum tentara Australia yang menyebarkan dan memajang materi yang melecehkan Pancasila.

Selain itu, ada juga temuan anggota Kopassus mengenai buku pelajaran untuk markas Special Air Service (SAS), Perth yang merendahkan militer Indonesia.

(rei)

  • HOT !
    Dalam semalam, sebuah dokumen yang disinyalir berisi nama nama menteri di Kabinet Kerja Jilid II Presiden Terpilih Jokowi Periode 2019 2024 tersebar dan membuat heboh jagat dunia maya. Pasalnya, dokumen tersebut terkesan cukup meyakinkan selayaknya hasil rapat....
  • HOT !
    Sebuah ajang lari di Jalan HR. Rasuna Said ternodai oleh peristiwa tabrak lari yang dilakukan seorang pengendara mobil mewah, Rubicon. Kasus ini sempat mengundang kepanikan di lokasi ajang lari tersebut dan kembali bergulir karena pengemudi mobil didapati melarikan diri....
  • HOT !
    Pada (14/7) sebuah serat kabar taiwan melaporkan bahwa, KFC Tiongkok merilis sebuah iklan untuk produk terbaru yang bernama ‘Queen Majito’ yang dirilis pada 1 Juli 2019. Iklan tersebut langsung mendapat kritik dari netizen, karena dituduh memplagiat MV dari Blackpink yang berjudul ‘DDU DU DDU DU’....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Rezkyka
Cast : Kim Myun Ji (oc), Lee Jinki, Choi Minho, Jung Yong Hwa, Seo Hyun, Choi Sulli

FORUM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)