SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Identik dengan Pita Merah, Inilah Arti Dibalik Lambang HIV AIDS

Kamis, 01 Desember 2016 14:50 by Dits | 5384 hits
Identik dengan Pita Merah, Inilah Arti Dibalik Lambang HIV AIDS
image source: Avert

DREAMERS.ID - Tepat hari ini, Kamis (1/12) seluruh dunia memperingati hari penyakit HIV AIDS. Tujuan dari adanya hari peringatan ini sendiri adalah untuk mengingatkan semua masyarakat dunia tentang bahayanya penyakit ini dan membuat masyarakat dunia agar lebih sadar soal pengertian yang benar mengenai AIDS.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa lambang HIV AIDS identik dengan pita merah. Mengutip dari berbagai sumber via Merdeka, terpilihnya pita merah dimulai dari tahun 1991 saat sekelompok seniman yang peduli dengan penyakit ini mencari simbol untuk mempersatukan dunia agar peduli dengan penyebaran AIDS.

Mereka pun terinspirasi dengan pita merah yang dipakai untuk memperingati kematian Freddie Mercury karena AIDS, Freddie merupakan vokalis legendaris band Queen yang sangat dicintai banyak orang. Di konser penghormatan tersebut, sekitar 100 ribu pita merah dibagikan ke penonton.

Baca juga: Temuan Mengejutkan Video 'Gangbang' Garut Tunjukkan Pelaku Idap HIV!

Pita merah sendiri dipilih karena warna merah melambangkan darah yang menjadi tempat berkembangnya virus HIV di dalam tubuh. Warna merah juga melambangkan semangat atau gairah untuk melawan penyakit mematikan tersebut, terutama bagi masyarakat yang telah terkena infeksi virus tersebut.

Apabila kita mengamati pita merah dengan seksama terlihat berbentuk huruf 'V' terbalik atau menjadi simbol dari unvictory yang menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada gerakan 'kemenangan' untuk melawan penyakit ini.

(dits/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Dunia teknologi kembali berduka. Oracle sebuah perusahaan software database raksasa harus rela ditinggal Co CEO nya dalam usia 62 tahun....
  • HOT !
    Bukan rahasia lagi jika perusahaan unicorn di Indonesia disebut sedang ‘membakar uang’ demi menarik perhatian konsumen. Beberapa cara dilakukan seperti memberikan potongan atau promo untuk membuat masyarakat memilih layanan perusahaan tersebut....
  • HOT !
    Jelang pelantikan presiden wakil presiden 20 Oktober mendatang, Kementerian Sekretariat Negara atau Kemensetneg menerbitkan foto resmi Presiden Terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden Terpilih Ma’ruf Amin....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho - Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)