SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mencapai 94 Meter, Pohon Tropis Tertinggi di Dunia Ada di Pulau Kalimantan

Minggu, 20 November 2016 15:20 by zia92 | 2078 hits
Mencapai 94 Meter, Pohon Tropis Tertinggi di Dunia Ada di Pulau Kalimantan
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Para imuwan belum lama ini telah menemukan pohon tropis tertinggi di dunia yang terletak di Pulau Kalimantan atau di dunia lebih dikenal sebagai Borneo. Pohon berjenis meranti kuning tersebut memiliki tinggi 94,1 meter dan diameter 40,3 meter. Jika dirubuhkan, panjangnya 3 kali lipat lebih panjang dari ukuran paus biru.

Pohon tertinggi ini dikelilingi oleh banyak sekali pohon-pohon berdiameter kecil, namun memiliki tinggi yang sama menjulang. Hampir semua pohon yang mengelilingi pohon ini berjenis meranti kuning yang mencapai tinggi hampir 90 meter.


Image source: Getty Images/Daily Mail

Namun meskipun berada di Pulau Kalimantan, ternyata pohon ini tidak berada di bagian negara Indonesia. Menurut Gregory Asner dari Carnegie Institution for Science Stanford University, yang menobatkan pohon ini sebagai pohon tropis tertinggi di dunia, pohon ini terletak di provinsi Sabah, Malaysia.


Image source: Getty Images/Daily Mail

Pohon ini ditemukan saat Asner melakukan pemetaan hutan Sabah dengan menggunakan teknologi lidar, sebuah teknologi peraba jarak jauh optik yang mengukur properti cahaya yang tersebar untuk menemukan berbagai informasi dari jauh. Teknologi ini diletakkan di sebuah pesawat.

Baca juga: Hoax atau Fakta? Seorang Pria di Kalimantan Viral Dikabarkan Bangkit Dari Kubur

Selain pohon tropis tertinggi di dunia, Carnegie Airborne Observatory juga mendapatkan penggambaran dari kondisi hutan, habitat binatang, stok karbon, dan keanekaragaman hayati, hanya melalui sensor yang secara presisi bisa mengukur tinggi, tekstur, bahkan senyawa kimia dan spesies dari makhluk hidup di hutan tersebut.

Pohon meranti kuning ini memang tertinggi dalam kategori pohon tropis. Namun ia masih kalah dengan pohon tertinggi di dunia yang berada di Redwood National Park di California. Pohon yang berjenis coast redwood ini, mencapai tinggi 115 meter.

(fzh/Daily Mail/Merdeka)

  • HOT !
    Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali sejak 8 14 Oktober 2018. Sempat dikritik menghamburkan uang negara,gelaran akbar ini justru diklaim mendapat respon positif dari negara negara asing. ...
  • HOT !
    Partai Gerindra resmi mempolisikan aktivis Ratna Sarumpaet akibat kasus hoax penganiayaan yang menimpa dirinya. Gerindra menyebutkan bahwa itu merupakan risiko dari tindakan Ratna....
  • HOT !
    Dikarenakan hoax yang dibuat oleh Ratna Sarumpaet, Partai Golkar menyebutkan bahwa Prabowo Subianto dan tim suksesnya sudah kehilangan kredibilitas. Golkar mengungkit latar belakang Prabowo di dunia militer mengenai sikap atas kasus Ratna....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : eyua
Cast : Park Chanyeol , Do Kyungsoo , Kim Jongin , Oh Sehun , Kim Junmyeon , Byun Baekhyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)