home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Turunkan 18 Ribu Pasukan Gabungan untuk Kawal Demo Anti-Ahok, Aksi Damai atau 'Lebay'?

Senin, 31 Oktober 2016 20:00 by muthiasp | 1840 hits
Turunkan 18 Ribu Pasukan Gabungan untuk Kawal Demo Anti-Ahok, Aksi Damai atau 'Lebay'?
Image source: Republika O

DREAMERS.ID - Rencana demo besar-besaran yang merupakan aksi unjuk rasa menuntut agar perbuatan Ahok yang dinilai menghina Al-Quran segera diproses hukum, membuat pihak kepolisian mengambil langkah besar demi menjaga agar unjuk rasa berjalan dengan aman.

Total 18 ribu pasukan gabungan akan diturunkan untuk mengawal aksi demo gabungan organisasi masyarakat (ormas) Islam pada 4 November mendatang, “Total kita semua ada 18 ribu pasukan gabungan,” ucap Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mako Brimob, Depok, melansir Merdeka.

Pasukan tersebut akan disebar ke beberapa titik, diantaranya di depan Istana Negara, DPR, dan tempat-tempat lain yang dinilai rawan aksi anarkis. Demi menghindari adanya provokasi, Kapolri Tito meminta agar anggotanya waspada kepada pihak-pihak yang coba menyusup diantara keramaian.

Baca juga: Sah, Presiden Jokowi Tanda Tangani Naskah UU Cipta Kerja Setebal 1.187 Halaman

Sementara itu, menurut Pusat Advokasi Hukum dan HAM (Paham) Indonesia rencana Kapolri untuk menurunkan pasukan gabungan dinilai kurang tepat dan berlebihan. Justru terlihat seperti ada skenario kerusuhan. Sekjen Paham, Rozaq Asyari, mengatakan agar nantinya para aparat tidak bertindak berlebihan.

“Aksi penyampaian pendapat di muka umum itu, katanya, dilindungi oleh undang-undang, jadi polisi harus mengayomi dan mengamankan kegiatan tersebut,” ujarnya, melansir Republika. Di tempat yang berbeda, Kapolri Tito juga mengingatkan agar unjuk rasa berjalan damai sesuai dengan koridornya, dan tidak boleh mengganggu ketertiban umum.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)