SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Ajak Warga Tangkap Tikus Berimbalan Rp20 Ribu/Ekor

Rabu, 19 Oktober 2016 10:16 by reinasoebisono | 760 hits
Jakarta Ajak Warga Tangkap Tikus Berimbalan Rp20 Ribu/Ekor
Image source: Suara Nasio

DREAMERS.ID - Meski termasuk kota modern dan metropolitan, Jakarta memiliki populasi tikus yang meresahkan. Tak hanya jumlahnya, namun hewan ini juga termasuk yang membawa banyak penyakit hingga merugikan masyarakat terutama di pemukiman.

Beberapa penyakit yang dibawa tikus di antaranya adalah Leptospirosis, Pes, Salmonella Enterica Sarovar Typhimurium, penyakit Rat Bite Fever (RBF), dan Hantavirus Pulmonary Syndrome. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemprov DKI memiliki program unik dengan bantuan masyarakat.

Melansir Metro TV, Jakarta mengkampanyekan Gerakan Basmi Tikus (GBT) di mana siapa pun yang bisa menangkap tikus akan mendapat upah Rp20 ribu per ekor. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat.

"Program ini sedang berjalan. Kami sudah mengumpulkan lurah agar bisa dikomunikasikan ke RT RW," kata Djarot. "Nanti lurah yang hitung. Dapat berapa kami bayar,"

Baca juga: Jung Joon Young Diam-diam Datang ke Jakarta!

Pihaknya mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan serta Dinas Pemakaman dan Pertamanan. Program ini juga dilakukan Pemprov untuk menekan biaya pembasmian hewan pengerat tersebut.

Karena menurut data terakhir, DKI pernah membasmi tikus hanya di gedung Blok G Balai Kota saja memakan biaya yang tak sedikit. Yaitu mencapai 200 Juta rupiah. Program GBT ini dilakukan oleh kelurahan untuk nantinya diteruskan ke RT RW.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Seorang seleb media sosial semacam Instagram, Yong Ning terpaksa harus mengakhiri aksi aksi berbahayanya. Pria asal China tersebut diketahui tewas mengenaskan setelah melakukan aksi maut saat hendak mengambil gambar dari gedung tinggi....
  • HOT !
    Ritual yang dilakukan kepala negara sebelum mengambil keputusan penting biasanya berupa rapat darurat, konsultasi atau hal lainnya sehubungan konsep strategis yang akan diambil. Namun berbeda dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang dikabarkan justru selalu mendaki gunung....
  • HOT !
    Telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan roda empat di Tol Cawang KM 00, Jakarta Timur sekitar pukul 04.20.  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagara menyampaikan ada 13 korban karena kecelakaan maut tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)