SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Ajak Warga Tangkap Tikus Berimbalan Rp20 Ribu/Ekor

Rabu, 19 Oktober 2016 10:16 by reinasoebisono | 778 hits
Jakarta Ajak Warga Tangkap Tikus Berimbalan Rp20 Ribu/Ekor
Image source: Suara Nasio

DREAMERS.ID - Meski termasuk kota modern dan metropolitan, Jakarta memiliki populasi tikus yang meresahkan. Tak hanya jumlahnya, namun hewan ini juga termasuk yang membawa banyak penyakit hingga merugikan masyarakat terutama di pemukiman.

Beberapa penyakit yang dibawa tikus di antaranya adalah Leptospirosis, Pes, Salmonella Enterica Sarovar Typhimurium, penyakit Rat Bite Fever (RBF), dan Hantavirus Pulmonary Syndrome. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemprov DKI memiliki program unik dengan bantuan masyarakat.

Melansir Metro TV, Jakarta mengkampanyekan Gerakan Basmi Tikus (GBT) di mana siapa pun yang bisa menangkap tikus akan mendapat upah Rp20 ribu per ekor. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat.

"Program ini sedang berjalan. Kami sudah mengumpulkan lurah agar bisa dikomunikasikan ke RT RW," kata Djarot. "Nanti lurah yang hitung. Dapat berapa kami bayar,"

Baca juga: Pantau Hingga Dini Hari, Gubernur Anies Sebut Puncak Banjir Kiriman Sudah Lewat

Pihaknya mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan serta Dinas Pemakaman dan Pertamanan. Program ini juga dilakukan Pemprov untuk menekan biaya pembasmian hewan pengerat tersebut.

Karena menurut data terakhir, DKI pernah membasmi tikus hanya di gedung Blok G Balai Kota saja memakan biaya yang tak sedikit. Yaitu mencapai 200 Juta rupiah. Program GBT ini dilakukan oleh kelurahan untuk nantinya diteruskan ke RT RW.

(rei)

  • HOT !
    Rencana kegiatan Tarawih berjamaah atau Tarawih Akbar di Monumen Nasional diminta untuk ditinjau kembali karena beberapa alasan. Yang sempat santer terdengar adalah dikhawatirkan adanya unsur politis dalam pelaksanaannya....
  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Tibalah hari pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Sudah diantisipasi sejak lama, hari bahagia pasangan ini akan menjadi sorotan di seluruh dunia. Pesta pernikahannya sendiri akan menggabungkan dua nuansa yaitu prosesi Kerajaan Inggris dan glamor ala Hollywood....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)