home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Ajak Warga Tangkap Tikus Berimbalan Rp20 Ribu/Ekor

Rabu, 19 Oktober 2016 10:16 by reinasoebisono | 859 hits
Jakarta Ajak Warga Tangkap Tikus Berimbalan Rp20 Ribu/Ekor
Image source: Suara Nasio

DREAMERS.ID - Meski termasuk kota modern dan metropolitan, Jakarta memiliki populasi tikus yang meresahkan. Tak hanya jumlahnya, namun hewan ini juga termasuk yang membawa banyak penyakit hingga merugikan masyarakat terutama di pemukiman.

Beberapa penyakit yang dibawa tikus di antaranya adalah Leptospirosis, Pes, Salmonella Enterica Sarovar Typhimurium, penyakit Rat Bite Fever (RBF), dan Hantavirus Pulmonary Syndrome. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemprov DKI memiliki program unik dengan bantuan masyarakat.

Melansir Metro TV, Jakarta mengkampanyekan Gerakan Basmi Tikus (GBT) di mana siapa pun yang bisa menangkap tikus akan mendapat upah Rp20 ribu per ekor. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat.

"Program ini sedang berjalan. Kami sudah mengumpulkan lurah agar bisa dikomunikasikan ke RT RW," kata Djarot. "Nanti lurah yang hitung. Dapat berapa kami bayar,"

Baca juga: Jakarta Sudah Bukan Ibu Kota dan Alami Kekosongan Hukum Terkait Status Ibu Kota?

Pihaknya mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan serta Dinas Pemakaman dan Pertamanan. Program ini juga dilakukan Pemprov untuk menekan biaya pembasmian hewan pengerat tersebut.

Karena menurut data terakhir, DKI pernah membasmi tikus hanya di gedung Blok G Balai Kota saja memakan biaya yang tak sedikit. Yaitu mencapai 200 Juta rupiah. Program GBT ini dilakukan oleh kelurahan untuk nantinya diteruskan ke RT RW.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)