SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pernah Dicopot dari Jabatan, Arcandra Tahar Dilantik Lagi untuk Menjabat Di Kementrian ESDM

Jumat, 14 Oktober 2016 15:10 by Dits | 872 hits
Pernah Dicopot dari Jabatan, Arcandra Tahar Dilantik Lagi untuk Menjabat Di Kementrian ESDM
Image source: metrotvnews

DREAMERS.ID - Sosok Arcandra Tahar kembali menjadi sorotan setelah dirinya kembali dilantik untuk menjabat di Kementrian ESDM. Pada Jumat (14/10) siang, Arcandra secara resmi dilantik Presiden Jokowi menjabat sebagai Wakil Menteri, bersamaan pelantikan mantan Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan yang dipercaya menjabat sebagai Menteri ESDM.

"Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, memutuskan dan menetapkan, mengangkat saudara Arcandra Tahar, sebagai wakil menteri EDSM," kata protokol pelantikan di Istana Negara.


image source: Liputan6

Pengangkatan Arcandra berdasarkan Keppres Nomor 115/P/2016 tentang pengangkatan Wakil Menteri ESDM dalam kabinet kerja Jokowi-Jusuf Kalla dengan sisa periode 2016-2019. Arcandra tampak berdiri di sebelah Jonan untuk mengucap sumpah jabatan.

Sejumlah menteri hadir dalam pelantikan ini. Di antaranya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menristek Dikti M Nasir, dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Hadir juga Jaksa Agung HM Prasetyo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepala Badan Inteligen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Sucipto.

Seperti diketahui, Arcandra sempat menjabat menjadi Menteri ESDM selama 20 hari, jabatan singkat tersebut dikarenakan kontroversi dirinya yang diketahui memiliki paspor Amerika Serikat sejak tahun 2012 silam. Berdasarkan Undang-undang 12/2006 tentang Kewarganegaraan, Indonesia tidak menganut sistem kewarganegaraan ganda. WNI yang mengambil sumpah atau berpindah kewarganegaraan, otomatis status kewarganegaraan Indonesianya gugur.

Lebih lanjut, Arcandra yang dilantik pada 27 Juli 2016 kemudian diberhentikan secara terhormat oleh Presiden Joko Widodo terkait dwi kewarganegaraannya pada 15 Agustus 2016 silam. Pencopotan Arcandra saat itu disampaikan langsung oleh Mensesneg M Pratikno.

Baca juga: Dipenuhi Pejabat, Acara Sertijab Menteri ESDM Diwarnai Canda Beruntun

Sementara itu, Jonan sendiri bukanlah orang baru di pemerintahan Jokowi. Ia pernah menduduki kursi pemerintahan sebagai Menteri Perhubungan selama 21 bulan, Terlepas dari kontroversi karena sempat melarang transportasi online, Jonan mampu menciptakan prestasi pada sektor transportasi lainnya, khususnya dalam industri penerbangan.

Kebijakan Jonan yang terbilang berpengaruh di industri penerbangan adalah dihapusnya bea masuk untuk sparepart pesawat yang mampu mengurangi impor dan sukses menciptakan industri bengkel pesawat di Indonesia.

(dits/Merdeka/Liputan6)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)