home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pernah Dicopot dari Jabatan, Arcandra Tahar Dilantik Lagi untuk Menjabat Di Kementrian ESDM

Jumat, 14 Oktober 2016 15:10 by Dits | 1069 hits
Pernah Dicopot dari Jabatan, Arcandra Tahar Dilantik Lagi untuk Menjabat Di Kementrian ESDM
Image source: metrotvnews

DREAMERS.ID - Sosok Arcandra Tahar kembali menjadi sorotan setelah dirinya kembali dilantik untuk menjabat di Kementrian ESDM. Pada Jumat (14/10) siang, Arcandra secara resmi dilantik Presiden Jokowi menjabat sebagai Wakil Menteri, bersamaan pelantikan mantan Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan yang dipercaya menjabat sebagai Menteri ESDM.

"Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, memutuskan dan menetapkan, mengangkat saudara Arcandra Tahar, sebagai wakil menteri EDSM," kata protokol pelantikan di Istana Negara.


image source: Liputan6

Pengangkatan Arcandra berdasarkan Keppres Nomor 115/P/2016 tentang pengangkatan Wakil Menteri ESDM dalam kabinet kerja Jokowi-Jusuf Kalla dengan sisa periode 2016-2019. Arcandra tampak berdiri di sebelah Jonan untuk mengucap sumpah jabatan.

Sejumlah menteri hadir dalam pelantikan ini. Di antaranya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menristek Dikti M Nasir, dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Hadir juga Jaksa Agung HM Prasetyo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepala Badan Inteligen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Sucipto.

Seperti diketahui, Arcandra sempat menjabat menjadi Menteri ESDM selama 20 hari, jabatan singkat tersebut dikarenakan kontroversi dirinya yang diketahui memiliki paspor Amerika Serikat sejak tahun 2012 silam. Berdasarkan Undang-undang 12/2006 tentang Kewarganegaraan, Indonesia tidak menganut sistem kewarganegaraan ganda. WNI yang mengambil sumpah atau berpindah kewarganegaraan, otomatis status kewarganegaraan Indonesianya gugur.

Lebih lanjut, Arcandra yang dilantik pada 27 Juli 2016 kemudian diberhentikan secara terhormat oleh Presiden Joko Widodo terkait dwi kewarganegaraannya pada 15 Agustus 2016 silam. Pencopotan Arcandra saat itu disampaikan langsung oleh Mensesneg M Pratikno.

Baca juga: Dipenuhi Pejabat, Acara Sertijab Menteri ESDM Diwarnai Canda Beruntun

Sementara itu, Jonan sendiri bukanlah orang baru di pemerintahan Jokowi. Ia pernah menduduki kursi pemerintahan sebagai Menteri Perhubungan selama 21 bulan, Terlepas dari kontroversi karena sempat melarang transportasi online, Jonan mampu menciptakan prestasi pada sektor transportasi lainnya, khususnya dalam industri penerbangan.

Kebijakan Jonan yang terbilang berpengaruh di industri penerbangan adalah dihapusnya bea masuk untuk sparepart pesawat yang mampu mengurangi impor dan sukses menciptakan industri bengkel pesawat di Indonesia.

(dits/Merdeka/Liputan6)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)