home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Indonesia Gabung 17 Negara Tolak Hak LGBT di Ranah Internasional

Kamis, 13 Oktober 2016 10:10 by reinasoebisono | 1323 hits
Indonesia Gabung 17 Negara Tolak Hak LGBT di Ranah Internasional
Image source: Coconuts In

DREAMERS.ID - Kelompok beranggotakan 17 negara menolak naskah rencana aksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berisi pengakuan terhadap hak kelompok gay, lesbian, biseksual, dan transgender (LGBT). Indonesia termasuk negara yang menolak tersebut. Naskah ini awalnya disusun terkait strategi pengembangan perkotaan di masa depan sesuai visi bersama PBB.

Naskah hak LGBT ini awalnya diusulkan oleh Kanada, Meksiko, Amerika dan Uni Eropa yang memang telah mengakui hak kaum LGBT. Namun termasuk Indonesia, negara-negara dengan mazhab politik konservatif langsung merapatkan barisan untuk menolaknya.

Indonesia bergabung dengan Rusia, Qatar, Bangladesh, Arab Saudi, Nigeria, Malaysia, Pakistan dan Uni Emirat Arab. Negara ini menuntut istilah LGBT dihapus. Daripada ‘ramah LGBT’, negara 17 negara itu memberi alternatif ‘pembangunan perkotaan wajib ramah pada keluarga’.

Baca juga: Madonna Didenda 1 Juta Dolar karena Dukung LGBT

Perlawanan Indonesia bersama negara lain ini disesalkan oleh juru bicara pemerintah Kanada Josh Bueckert yang menilai maksud naskah tersebut adalah untuk mengangkat harkat warga yang selama ini terpinggirkan, baik secara politik, ekonomi maupun sosial.

Namun usaha ini sepertinya sulit untuk dibahas di PBB karena tercatat masih ada 76 negara dengan hukum formal yang mengkriminalisasi hubungan sesama jenis. Sedangkan 7 negara diketahui memiliki hukuman mati bagi warga yang terbukti bagian dari anggota komunitas LGBT.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)