SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kinerja 100 Hari Presiden Filipina Duterte: 3.700 Bandar Narkoba Tewas, Sadis Atau Solutif?

Minggu, 09 Oktober 2016 18:00 by reinasoebisono | 1406 hits
Kinerja 100 Hari Presiden Filipina Duterte: 3.700 Bandar Narkoba Tewas, Sadis Atau Solutif?
Image source: Daily Mail

DREAMERS.ID - Sikap ‘main hakim sendiri’ dari Presiden Filipina, Rodrigo Duterte memang dikecam negara barat seperti Amerika Serikat, Uni Eropa bahkan PBB. Namun apa daya jika kebijakan tersebut justru menuai kepuasan dari rakyatnya sendiri?

Sudah 100 hari menjabat, Presiden yang sempat mengunjungi Pasar Tanah Abang ini mendapat respon positif dari rakyatnya. Menurut sebuah survei yang dilakukan akhir September lalu kepada 1.200 responden, sebanyak 76% menyatakan puas atas kebijakan ‘sadis’ Duterte.

Melansir Merdeka, diketahui sudah 3.700 bandar dan pecandu narkoba yang tewas sejak kepemimpinan Duterte. Pria yang memiliki julukan ‘The Punisher’ itu memang telah lama mengecam peredaran narkoba dan bersumpah akan menumpasnya. Kebanyakan dari yang tewas adalah ditembak oleh orang tak dikenal dan dibuang di pinggir jalan.


Pecandu narkoba yang ditemukan tewas di pinggir jalan pemukiman warga Filipina (Daily Mail)

"Sedikitnya 3,7 juta warga Filipina telah menjadi kecanduan metamfetamin (shabu),"  ungkap Duterte mengutip Daily Mail.

Baca juga: Indonesia Hingga Dunia, Ini Isu Panas Yang Jadi Pembicaraan Dalam Waktu Lama Sepanjang 2016

Mayoritas masyarakat Filipina memang mendukung Duterte yang walau tak terbukti secara gamblang membunuh para bandar dan pecandu narkoba itu. Namun Duterte sempat mengatakan jika ia dengan senang hati membantai 3 juta pecandu yang berada di negaranya.

Tak hanya itu, beberapa waktu lalu Duterte juga mengancam para koruptor jika tidak ingin dikuliti hidup-hidup. Sama-sama mengalami darurat korupsi dan narkoba, mungkinkah kebijakan serupa ampuh diterapkan di Indonesia?

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)