home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kinerja 100 Hari Presiden Filipina Duterte: 3.700 Bandar Narkoba Tewas, Sadis Atau Solutif?

Minggu, 09 Oktober 2016 18:00 by reinasoebisono | 1600 hits
Kinerja 100 Hari Presiden Filipina Duterte: 3.700 Bandar Narkoba Tewas, Sadis Atau Solutif?
Image source: Daily Mail

DREAMERS.ID - Sikap ‘main hakim sendiri’ dari Presiden Filipina, Rodrigo Duterte memang dikecam negara barat seperti Amerika Serikat, Uni Eropa bahkan PBB. Namun apa daya jika kebijakan tersebut justru menuai kepuasan dari rakyatnya sendiri?

Sudah 100 hari menjabat, Presiden yang sempat mengunjungi Pasar Tanah Abang ini mendapat respon positif dari rakyatnya. Menurut sebuah survei yang dilakukan akhir September lalu kepada 1.200 responden, sebanyak 76% menyatakan puas atas kebijakan ‘sadis’ Duterte.

Melansir Merdeka, diketahui sudah 3.700 bandar dan pecandu narkoba yang tewas sejak kepemimpinan Duterte. Pria yang memiliki julukan ‘The Punisher’ itu memang telah lama mengecam peredaran narkoba dan bersumpah akan menumpasnya. Kebanyakan dari yang tewas adalah ditembak oleh orang tak dikenal dan dibuang di pinggir jalan.


Pecandu narkoba yang ditemukan tewas di pinggir jalan pemukiman warga Filipina (Daily Mail)

"Sedikitnya 3,7 juta warga Filipina telah menjadi kecanduan metamfetamin (shabu),"  ungkap Duterte mengutip Daily Mail.

Baca juga: Marah Karena SEA Games 2019 Dianggap Kacau, Presiden Filipina Rodrigo Duterte Minta Usut Tuntas!

Mayoritas masyarakat Filipina memang mendukung Duterte yang walau tak terbukti secara gamblang membunuh para bandar dan pecandu narkoba itu. Namun Duterte sempat mengatakan jika ia dengan senang hati membantai 3 juta pecandu yang berada di negaranya.

Tak hanya itu, beberapa waktu lalu Duterte juga mengancam para koruptor jika tidak ingin dikuliti hidup-hidup. Sama-sama mengalami darurat korupsi dan narkoba, mungkinkah kebijakan serupa ampuh diterapkan di Indonesia?

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)