SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Percaya Isu Ini Jadi Alasan 50 Ribu Mahasiswa Korea Sengaja Tunda Kelulusan

Jumat, 07 Oktober 2016 14:40 by reinasoebisono | 1664 hits
Percaya Isu Ini Jadi Alasan 50 Ribu Mahasiswa Korea Sengaja Tunda Kelulusan
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Persaingan dunia kerja terutama dalam mendapatkan karir pertama setelah menyelesaikan bangku kuliah sering jadi permasalahan baru. Ketersediaan lapangan kerja yang minim membuat para fresh graduaters ini menganggur.

Namun di Korea Selatan justru lebih ekstrim. Karena masalah di atas, sebanyak 50 ribu mahasiswa harus menunda kelulusannya. Tidak adanya ketersediaan lowongan kerja menjadi masalah utama dan memberi efek yang tidak disangka ini.

Seorang ahli hukum dari Partai Minjoo, An Min Suk mengatakan pada semester pertama tahun ini, ada 17.774 mahasiswa senior yang terpaksa menunda kelulusan. Nyatanya, penundaan lulus ini bukan hanya karena sistem universitas, namun ada unsur kesengajaan dari para mahasiswa itu sendiri.

Sebagian dari mereka sengaja melewatkan kredit untuk melengkapi syarat lulus. Alasan utamanya adalah karena kepercayaan jika perusahaan besar menghindari penerimaan para lulusan baru, kebanyakan dari perusahaan besar mencari orng berpengalaman.

Baca juga: Mahasiswi UI yang Hilang Misterius Tinggalkan Surat Curahan Hati Terakhir

Sebagian lagi beralasan jika menjadi mahasiswa adalah saat yang tepat untuk mengasah kemampuan lain seperti bahasa Inggris, menjadi relawan di berbagai kegiatan ataupun mencari beasiswa untuk meningkatkan nilai CV mereka nantinya.

Kepercayaan mahasiswa terhadap isu ini memberi keprihatinan tersendiri. Karena melansir Chosun Ilbo, survei yang dilakukan portal kerja Saramin terhadap 251 HRD di Korea mengatakan sebanyak 58.6% perusahaan tidak peduli jika pelamar mereka memiliki gelar sarjana atau tidak. Sedangkan 10.7% bersedia menerima pelamar yang masih kuliah.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)