home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diklaim Bencana Terburuk, Ratusan Ribu Warga Terkena Dampak Banjir Korea Utara

Selasa, 04 Oktober 2016 17:00 by reinasoebisono | 1363 hits
Diklaim Bencana Terburuk, Ratusan Ribu Warga Terkena Dampak Banjir Korea Utara
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Bukan hanya kemiskinan luar biasa yang menjadi masalah dan mendera masyarakat Korea Utara. Namun sejak akhir Agustus lalu, alam juga sedang menguji negara saudara Korea Selatan tersebut dengan hujan lebat dan banjir parah.

Melansir CNN, setidaknya 30 ribu rumah rusak parah sementara 600 ribu warganya terkena dampak banjir. Menurut delegasi Komunitas Federasi Palang Merah Internasional (IFRC), Chris Staines, bencana ini diklaim sebagai yang terburuk dalam sejarah Korut.

“Ini merupakan kondisi serius dan itulah sebabnya kita butuh solusi permanen dalam hal tempat perlindungan, layanan kesehatan dan akses terhadap makanan, serta menyelesaikan masalah soal air bersih,” kata Staines.


Image source: CNN

Lebih lanjut, Staines mengatakan jika kondisi ini bukan puncak bencana. Karena kondisi akan memburuk menuju musim dingin. Diperkirakan jika salju turun pada akhir Oktober mendatang, suhu akan turun drastis menjadi minus 30 derajat celsius dan hal ini akan memberi dampak lebih parah untuk warganya.

Baca juga: Pertama Kali dalam 20 Tahun, Lokasi Wisata Pulau Nami Terendam Banjir

Bangunan yang rusak membuat warga harus tinggal di tempat penampungan sementara yang tentu tidak memiliki fasilitas lengkap. IFRC sendiri diketahui telah mengeluarkan dana sekitar Rp202 Miliar untuk 300 ribu orang selama 12 bulan ke depan.

Korut memang dikenal rentan bencana alam karena penataan infrastruktur yang buruk. Namun di tengah situasi bencana darurat seperti sekarang, pemerintah Korut diketahui justru menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk program nuklir mereka.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)