SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

SBY Tawarkan 3 Opsi Pemindahan Ibukota

Sabtu, 19 Januari 2013 09:00 by miko | 9769 hits
SBY Tawarkan 3 Opsi Pemindahan Ibukota
dreamersradio.com

Bencana banjir yang mengepung Jakarta belakangan ini membuat Ibukota Negara lumpuh, sehingga kini muncul kembali wacana untuk memindahkan Ibukota. Bahkan kesemrawutan Jakarta dinilai banyak pihak kini sudah tidak layak menjadi Ibukota.

Sementara itu, Staf Khusus Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi, Velix Wanggai mengaku SBY secara terbuka dan tak tabu bersedia berdiskusi  tentang wacana pemindahan Ibukota Negara. Menurut SBY, Jakarta sudah tak bisa lagi menampung interaksi manusia dan lingkungannya.

“Dalam memutuskan kebijakan ini, diperlukan langkah yang bersifat teknokratis dan langkah politik sebagai agenda kolektif dari seluruh komponen bangsa. Hal ini sebagai langkah visioner, terobosan, sekaligus thinking outside the box bagi masa depan Indonesia,” ungkap Velix dalam siaran persnya.

Baca juga: Kata SBY Tentang 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla

Tak hanya itu, SBY puntelah mengajukan 3 opsi guna memindahkan Ibukota yang perlu didiskusikan oleh public. Scenario pertama mempertahankan Jakarta sebagai Ibukota, pusat pemerintahan, sekaligus ekonomi dan perdagangan.

Kemudian skenario kedua yakni membangun Ibu Kota yang benar-benar baru. Kata Presiden lanjut Velix, sejatinya dibangun totally new capital. Sedangkan skenario ketiga, Ibu Kota tetap di Jakarta, namun memindahkan pusat pemerintahan ke lokasi lain.

“Atas tiga skenario itu, Presiden SBY mengajak semua komponen bangsa untuk membahas secara terbuka, matang, dan komprehensif atas wacana ini. Karena, kebijakan perpindahan ibukota dan atau pergeseran pusat pemerintahan harus menjangkau strategi jangka panjang bangsa,” jelasnya.

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)