home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

SBY Tawarkan 3 Opsi Pemindahan Ibukota

Sabtu, 19 Januari 2013 09:00 by miko | 9956 hits
SBY Tawarkan 3 Opsi Pemindahan Ibukota
dreamersradio.com

Bencana banjir yang mengepung Jakarta belakangan ini membuat Ibukota Negara lumpuh, sehingga kini muncul kembali wacana untuk memindahkan Ibukota. Bahkan kesemrawutan Jakarta dinilai banyak pihak kini sudah tidak layak menjadi Ibukota.

Sementara itu, Staf Khusus Bidang Pembangunan Daerah dan Otonomi, Velix Wanggai mengaku SBY secara terbuka dan tak tabu bersedia berdiskusi  tentang wacana pemindahan Ibukota Negara. Menurut SBY, Jakarta sudah tak bisa lagi menampung interaksi manusia dan lingkungannya.

“Dalam memutuskan kebijakan ini, diperlukan langkah yang bersifat teknokratis dan langkah politik sebagai agenda kolektif dari seluruh komponen bangsa. Hal ini sebagai langkah visioner, terobosan, sekaligus thinking outside the box bagi masa depan Indonesia,” ungkap Velix dalam siaran persnya.

Baca juga: Cerita Anji Ditunjuk SBY Nyanyikan Lagu untuk Ibu Ani Yudhoyono

Tak hanya itu, SBY puntelah mengajukan 3 opsi guna memindahkan Ibukota yang perlu didiskusikan oleh public. Scenario pertama mempertahankan Jakarta sebagai Ibukota, pusat pemerintahan, sekaligus ekonomi dan perdagangan.

Kemudian skenario kedua yakni membangun Ibu Kota yang benar-benar baru. Kata Presiden lanjut Velix, sejatinya dibangun totally new capital. Sedangkan skenario ketiga, Ibu Kota tetap di Jakarta, namun memindahkan pusat pemerintahan ke lokasi lain.

“Atas tiga skenario itu, Presiden SBY mengajak semua komponen bangsa untuk membahas secara terbuka, matang, dan komprehensif atas wacana ini. Karena, kebijakan perpindahan ibukota dan atau pergeseran pusat pemerintahan harus menjangkau strategi jangka panjang bangsa,” jelasnya.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)