SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Unsur Vital Untuk Ungkap Kasus Pembunuhan Mirna Menurut Saksi Ahli

Senin, 26 September 2016 16:30 by reinasoebisono | 2039 hits
Ini Unsur Vital Untuk Ungkap Kasus Pembunuhan Mirna Menurut Saksi Ahli
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Persidangan yang berlarut-larut terkait pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso memang masih menarik perhatian. Tidak adanya barang bukti hingga kejelasan benarkah Jessica pelakunya masih misteri.

Semoga mendekati akhir, sidang hari Senin (26/9) ini menghadirkan saksi terakhir dari pihak terdakwa Jessica yaitu Ahli Pidana dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta bernama Mudzakkir. Ia menilai jika ada unsur penting yang harus diungkapkan.

Hal tersebut adalah motif. Motif juga disebut penting untuk membuktikan jika sebuah perbuatan adalah benar pembunuhan terencana. Karena menurut Mudzakkir, pembunuhan terencana tidak mungkin terjadi jika tidak ada motif.

"Yang namanya kesengajaan itu pasti ada motifnya. Niat itu berangkat dari motif, ini bagian dari kejahatan. Jadi, kalau dikatakan tidak perlu ada motif akan tidak tepat apalagi merampas nyawa orang lain," kata Mudzakir. "Nah, kalau penegak hukum profesional, yang digali bukan hanya semata-mata untuk unsurnya terpenuhi, tapi jiwa perbuatan itu juga diperiksa," 

Baca juga: Langkah Hukum Jessica Wongso Setelah Kasasinya Ditolak Mahkamah Agung

Sayangnya, kesaksian ini berbeda dengan keterangan dari saksi ahli pidana yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum dari Universitas Gajah Mada, Edward Omar Syarif Hiariej. Edward mengatakan jika dalam pembunuhan terencana tidak perlu ada motif.

Hal ini pada akhirnya berada di ujung sikap profesional penegak hukum dalam mengupas sebuah kasus dan nurani hati hakim dalam memutuskan di akhir persidangan nanti. Hingga kini pun, masih dibingungkan oleh sianida yang muncul di tubuh Mirna sebenarnya adalah karena diracun dari luar atau terbentuk karena efek fisiologis manusia setelah meninggal.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemerintah menetapkan Idul Fitri atau 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh esok hari, Minggu (25/6). Penetapan tersebut berdasarkan Sidang Isbat yang dilakukan pada Sabtu (24/6) yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama....
  • HOT !
    Sebelum mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama berkunjung ke Bali untuk berlibur, ada Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulazis Al Saud yang juga menghabiskan waktu untuk liburan ke Bali. Meski keduanya tergolong sebagai tamu VVIP, namun ada perbedaan penyambutan....
  • HOT !
    Barack Obama dan 13 orang keluarganya akan berkunjung ke Bali untuk berlibur selama enam hari. Rencananya, mantan Presiden Amerika tersebut akan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada Jumat (23/6) dengan pesawat khusus pukul 17.55 WITA dari Bandara Guam....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)