SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Obat Diberi Barcode Untuk Cegah Pemalsuan, Aneh Atau Solusi?

Kamis, 15 September 2016 12:30 by reinasoebisono | 1015 hits
Obat Diberi Barcode Untuk Cegah Pemalsuan, Aneh Atau Solusi?
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Persoalan makanan dan obat palsu serta kedaluwarsa memang tengah jadi perhatian pemerintah belakangan ini. Bahkan diduga, pihak rumah sakit juga ada yang terlibat dalam hal penerapan dan pendistribusian obat palsu ini.

Ada yang memang palsu di mana kandungannya tidak sesuai dengan fungsinya, ada juga yang diperpanjang masa kedaluwarsa dengan mengganti tulisan masa pakai. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, pemerintah berencana menerapkan sistem barcode.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, pemerintah berencana menggunakan sistem barcode untuk obat-obatan yang beredar di masyarakat. Penggunaan sistem itu bertujuan untuk mencegah pemalsuan obat dan penggunaan obat kedaluwarsa.

"Ke depan, kami akan menggunakan sistem barcode di obat-obatan. Sehingga masyarakat bisa mengecek, ini obat palsu atau tidak, ini obat expired atau tidak," kata Puan mengutip CNN.

Rencana ini masih akan dikoordinasikan dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Kementerian Kesehatan untuk bekerja sama dalam mengawasi peredaran obat-obaan di masyarakat. Belum ada kelanjutan dan cara memeriksa agar masyarakat tidak bingung dalam ikut serta memeriksa keaslian obatnya.

Solusi antisipasi lainnya yang siap dilakukan adalah penyuluhan dan sosialisasi untuk memberi edukasi kepada masyarakat. Tindakan ini dilakukan menyusul penemuan bahan baku obat, kemasan dan produk obat siap edar ilegal dan palsu senilai Rp 30 miliar.

BPOM sendiri telah menetapkan satu tersangka terkait penemuan gudang obat tersebut di Balaraja, Banten, Jawa Barat. Tersangka berinisial R itu tengah disidik oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS)

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memutuskan untuk mundur dari Pemilihan Wali Kota Bandung yang rencananya akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang. Keputusan  tersebut ia sampaikan melalui akun media sosialnya....
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)