SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Obat Diberi Barcode Untuk Cegah Pemalsuan, Aneh Atau Solusi?

Kamis, 15 September 2016 12:30 by reinasoebisono | 1054 hits
Obat Diberi Barcode Untuk Cegah Pemalsuan, Aneh Atau Solusi?
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Persoalan makanan dan obat palsu serta kedaluwarsa memang tengah jadi perhatian pemerintah belakangan ini. Bahkan diduga, pihak rumah sakit juga ada yang terlibat dalam hal penerapan dan pendistribusian obat palsu ini.

Ada yang memang palsu di mana kandungannya tidak sesuai dengan fungsinya, ada juga yang diperpanjang masa kedaluwarsa dengan mengganti tulisan masa pakai. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, pemerintah berencana menerapkan sistem barcode.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, pemerintah berencana menggunakan sistem barcode untuk obat-obatan yang beredar di masyarakat. Penggunaan sistem itu bertujuan untuk mencegah pemalsuan obat dan penggunaan obat kedaluwarsa.

"Ke depan, kami akan menggunakan sistem barcode di obat-obatan. Sehingga masyarakat bisa mengecek, ini obat palsu atau tidak, ini obat expired atau tidak," kata Puan mengutip CNN.

Rencana ini masih akan dikoordinasikan dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Kementerian Kesehatan untuk bekerja sama dalam mengawasi peredaran obat-obaan di masyarakat. Belum ada kelanjutan dan cara memeriksa agar masyarakat tidak bingung dalam ikut serta memeriksa keaslian obatnya.

Solusi antisipasi lainnya yang siap dilakukan adalah penyuluhan dan sosialisasi untuk memberi edukasi kepada masyarakat. Tindakan ini dilakukan menyusul penemuan bahan baku obat, kemasan dan produk obat siap edar ilegal dan palsu senilai Rp 30 miliar.

BPOM sendiri telah menetapkan satu tersangka terkait penemuan gudang obat tersebut di Balaraja, Banten, Jawa Barat. Tersangka berinisial R itu tengah disidik oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS)

(rei)

  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
  • HOT !
    Penyebaran konten digital kini harus lebih diperhatikan, karena jika terlalu sensitif bisa berakibat protes keras dari publik. Seperti yang dialami oleh seorang anggota DPRD Karawang bernama Hitler Nababan pada Selasa (22/5) ini....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)