SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tuduhan Haji Ilegal, Ratusan Jemaah Asal Indonesia Ditahan di Mekkah

Sabtu, 10 September 2016 12:04 by reinasoebisono | 810 hits
Tuduhan Haji Ilegal, Ratusan Jemaah Asal Indonesia Ditahan di Mekkah
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Tidak memiliki dokumen lengkap bisa dikenai tuduhan sebagai pendatang ilegal, tak terkecuali di kegiatan Haji yang hampir semua kloter telah bertolak ke Mekkah dan akan segera menuju Arafah untuk puncak Wukuf pada Idul Adha mendatang.

Ternyata, ratusan warga Indonesia ditahan di Mekkah, Arab Saudi karena tidak memiliki dokumen lengkap dan dituduh sebagai Haji ilegal. Ada total 191 WNI yang ditahan di penggerebekan pintu masuk Mekkah.

Melansir CNN, di antaranya mereka adalah yang masuk melalui jalur perbukitan alias Haji Backpacker sehingga mereka tidak menggunakan paspor Haji. Diketahui beberapa dari mereka juga adalah penjual makanan.

"Sudah sejak lama diwanti-wanti diimbau mengurus paspor haji melalui travel, demi kemudahan dan keselamatan jemaah haji, tidak telantar, terakomodir transportasi, konsumsi dan akomodasi. Banyak warga negara asing di sini yang haji backpacker, masuk melalui bukit-bukit yang dianggap aman untuk bisa masuk ke Mekkah.” Ungkap acting Konjen RI Jeddah, Dicky Yunus.

Baca juga: Empat Proyek Infrastruktur Ini Disebut-sebut Akan Dibiayai Oleh Dana Haji

Namun hingga kini, KJRI Jedaah belum diizinkan mengakses tahanan yang ditangkap 2 hari lalu tersebut. Namun pihak KJRI terus mendatangi mereka meski hanya sekedar menanyakan kabar.

Banyak para WNI tersebut berstatus overstayer karena meski mengajukan visa Saudi secara resmi, mereka ada yang mencari penghidupan lebih baik dan ditahan karena penyalahgunaan izin tinggal.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membahas banyak hal saat jadi pembicara di pembicara di Ponpes Daar El Qolam 3, Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Sabtu (20/1)....
  • HOT !
    Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama dengan wakilnya Sandiaga Uno kerap kali mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Mulai dari OK Otrip, Becak yang akan beroperasi di Jakarta hingga down payment (DP) 0 rupiah. Meski demikian, Anies tak ingin ambil pusing soal perdebatan tersebut, baginya adanya pro kontra sudah biasa dalam setiap kebijakan....
  • HOT !
    Manusia mengirimkan berbagai material dan stasiun ke ruang angkasa untuk penelitian. Namun tak jarang yang dikirimkan ke luar angkasa akan kembali jatuh ke Bumi dengan berbagai alasan, termasuk rute orbit yang dilaluinya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)