SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tuduhan Haji Ilegal, Ratusan Jemaah Asal Indonesia Ditahan di Mekkah

Sabtu, 10 September 2016 12:04 by reinasoebisono | 861 hits
Tuduhan Haji Ilegal, Ratusan Jemaah Asal Indonesia Ditahan di Mekkah
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Tidak memiliki dokumen lengkap bisa dikenai tuduhan sebagai pendatang ilegal, tak terkecuali di kegiatan Haji yang hampir semua kloter telah bertolak ke Mekkah dan akan segera menuju Arafah untuk puncak Wukuf pada Idul Adha mendatang.

Ternyata, ratusan warga Indonesia ditahan di Mekkah, Arab Saudi karena tidak memiliki dokumen lengkap dan dituduh sebagai Haji ilegal. Ada total 191 WNI yang ditahan di penggerebekan pintu masuk Mekkah.

Melansir CNN, di antaranya mereka adalah yang masuk melalui jalur perbukitan alias Haji Backpacker sehingga mereka tidak menggunakan paspor Haji. Diketahui beberapa dari mereka juga adalah penjual makanan.

"Sudah sejak lama diwanti-wanti diimbau mengurus paspor haji melalui travel, demi kemudahan dan keselamatan jemaah haji, tidak telantar, terakomodir transportasi, konsumsi dan akomodasi. Banyak warga negara asing di sini yang haji backpacker, masuk melalui bukit-bukit yang dianggap aman untuk bisa masuk ke Mekkah.” Ungkap acting Konjen RI Jeddah, Dicky Yunus.

Baca juga: Raja Salman Gratiskan Biaya Haji Ratusan 'Survivor' Tragedi Penembakan Selandia Baru!

Namun hingga kini, KJRI Jedaah belum diizinkan mengakses tahanan yang ditangkap 2 hari lalu tersebut. Namun pihak KJRI terus mendatangi mereka meski hanya sekedar menanyakan kabar.

Banyak para WNI tersebut berstatus overstayer karena meski mengajukan visa Saudi secara resmi, mereka ada yang mencari penghidupan lebih baik dan ditahan karena penyalahgunaan izin tinggal.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kabar perceraian dua pasangan selebriti Korea Selatan, Song Joong Ki Song Hye Kyo dan Ahn Jae Hyun Goo Hye Sun masih menjadi pemberitaan dengan beberapa drama yang terjadi di antaranya. Dan ternyata, dua kasus perceraian itu adalah sedikit dari banyaknya kasus perceraian di Korea Selatan....
  • HOT !
    Pemerintah telah memilih Provinsi Kalimantan Timur dan dua daerahnya sebagai lokasi untuk ibu kota negara baru nantinya. Namun, fenomena kebakaran hutan tengah melanda Kalimantan dan Sumatera hingga menjadi darurat bencana....
  • HOT !
    Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Riau dan Kalimantan telah jadi isu panas dan dinyatakan kondisi darurat karena hingga kini belum berhasil dipadamkan. Ditambah, musim panas yang masih belum berakhir menbuat sebaran api melebar....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : arsyaden
Cast : Arsy, Vian, Lee Dong Wook, dkk

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)