SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Usung Kebebasan Memilih, Negara Ini Resmi Berikan KTP Untuk Warga LGBT

Kamis, 08 September 2016 12:20 by reinasoebisono | 617 hits
Usung Kebebasan Memilih, Negara Ini Resmi Berikan KTP Untuk Warga LGBT
Image source: greenleft.c

DREAMERS.ID - Semenjak Amerika Serikat mengakui pernikahan sejenis dari kaum LGBT, semakin banyak negara lain yang mendukung kebebasan dan fasilitas khusus untuk warganya yang Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender.

Meski Indonesia tidak mengakuinya, namun Bolivia resmi menjadi negara yang memberikan kartu identitas untuk warganya yang LGBT. Pamela Geraldine Valenzuela diketahui adalah warga Transgender Bolivia pertama yang mendapat KTP dengan status jenis kelamin khusus.

Keputusan ini membuat penduduk transgender di kota La Paz, Bolivia merayakan hak baru mereka untuk ramai-ramai mendaftarkan diri guna mendapatkan kartu identitas baru. Untuk mereka yang melakukan perubahan kelamin, mereka juga bisa mendaftarkan identitas dengan nama yang baru.

Baca juga: Gara-gara Hal Ini Sunmi Kembali Diterpa Rumor Penyuka Sesama Jenis

“Saya tidak akan berhenti berjuang sampai saya tiba di peristiwa ini, sampai negara mengakui semua transgender sesuai dengan identitas yang kami inginkan,” kata Valenzuela.

Valenzuela sendiri diketahui telah mengganti kelaminnya sejak usia 15 tahun. Ia juga mengatakan perlu perjuangan 30 tahun untuk mendapatkan identitas barunya seperti sekarang. Langkah Bolivia ini diketahui menyusul undang-undang serupa di beberapa negara lain seperti Britania Raya, Kolombia serta Australia. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kerap menuai kritikan karena tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Menariknya, sejumlah kantor Korea Utara nampak sangat memuja sosok Kim Jong Un yang diklaim memiliki kekuatan super....
  • HOT !
    Memiliki kemampuan menguasasi berbagai bahasa memang sangat berguna, baik itu untuk karier ataupun bersosialisasi. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari berbagai bahasa di dunia dan ingin mengetahui apa yang paling cepat dan paling lama untuk dipelajari, Foreign Service Institute telah menyortir bahasa bahasa utama di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)