SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diberikan 1 Miliar, Wanita Korsel Korban Prostitusi Jepang Tolak Uang Kompensasi

Jumat, 02 September 2016 15:45 by reinasoebisono | 1519 hits
Diberikan 1 Miliar, Wanita Korsel Korban Prostitusi Jepang Tolak Uang Kompensasi
Image source: Al Jazeera

DREAMERS.ID - Sejarah kelam yang dialami Korea Selatan tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Sama-sama dijajah Jepang sebelum masa kemerdekaan, Korea Selatan juga mendapat jejak hitam di mana banyak warga wanitanya menjadi korban prostitusi.

Jepang memang sudah meminta maaf kepada korban dan keluarga pada masa perang dan penjajahan. Negeri Sakura itu pun sempat menjanjikan uang kompensasi atas rasa bersalah kepada para korban sebesar 100 Juta Won per orang (Rp 1.1 Miliar).

Namun melansir Chosun Ilbo, 6 wanita Korea Selatan yang adalah korban pemaksaan prostitusi pada penjajahan Jepang menolak paket kompensasi yang dikirimkan dari Jepang. Wanita yang tak disebutkan namanya itu mengatakan jika uang yang datang adalah sumbangan untuk mendukung organisasi dan lembaga yang menampungnya kini, bukan kompensasi hukum.

Baca juga: Pimpinan Perusahaan Korsel LG Dikabarkan dalam Kondisi Kritis di Rumah Sakit

Bahkan beberapa korban hidup diketahui melayangkan gugatan kepada pemerintah Korea Selatan karena kompensasi tersebut dinilai tidak layak dan Jepang tidak berungguh-sunggu memberikan pernyataan maaf atas kejahatan perang yang dilakukan.

Dari total 1 Miliar Yen yang dijanjikan, setiap korban yang masih hidup akan mendapat 100 Juta Won yang dikethaui berjumlah 46 orang. Dan 20 Juta Won akan diberikan kepada keluarga atau pewaris dari 199 korban kejahatan seksual Jepang yang telah meninggal dunia.

(rei)

  • HOT !
    Sempat ‘mesra’ antara Presiden Jokowi dan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang membuat spekulasi koalisi di Pilpres 2019 mendatang, hubungan itu kini kabarnya terusik dengan merenggangnya hubungan antar kedua partai....
  • HOT !
    Gunung Merapi mengalami tiga kali letusan freatik pada Senin (21/5) di mana statusnya yang di awal normal naik menjadi waspada pada pukul 23.00. Hal ini dilakukan karena adanya peningkatan aktivitas freatik yang diikuti dengan gempa VT dan gempa tremor....
  • HOT !
    Setelah diberitakan dalam kondisi kritis pada pekan lalu karena berjuang melawan penyakit yang dideritanya, pimpinan alias bos perusahaan raksasa Korea Selatan, LG Group yang bernama Koo Bon Moo meninggal dunia....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)