SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Karena Kasus Pengeroyokan, TransJakarta Prioritaskan 74 Halte Terkait Keamanan

Kamis, 01 September 2016 17:14 by reinasoebisono | 751 hits
Karena Kasus Pengeroyokan, TransJakarta Prioritaskan 74 Halte Terkait Keamanan
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Suasana yang disangka ramai tak membuat keamanan terjamin. Beberapa hari lalu, terjadi pengeroyokan di Halte TransJakarta Senayan JCC yang membuat masyarakat resah dan mempertanyakan keamanan di setiap halte transportasi yang sering disebut busway itu.

Kronologis pengeroyokan itu terjadi pada seorang pemuda bernama Andrew Budikusuma yang akhirnya para pelaku berhasil diringkus polisi karena melihat CCTV yang diletakkan di halte. Penganiayaan terjadi pukul 20.30 saat Andrew menumpang TransJakarta dari Halte Kuningan Barat menuju Halte Pluit.

Awalnya, ada 5 orang yang berniat melontarkan candaan pada Andrew. Namun karena tidak ditanggapi, kelima pelaku kesal dan tiba-tiba berakhir dengan pengeroyokan. Melansir CNN, sebelum pengeroyokan, para penganiaya itu sempat berteriak ‘Ahok!’.

Sebelumnya, para pelaku terlibat cek-cok hingga terlontarlah kata-kata yang menyinggung nama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ucapan tersebut muncul karena kebetulan Andrew merupakan warga keturunan seperti Ahok.

Baca juga: Dipertemukan, Ini Beda Pendapat Polisi dan Dewi Persik Soal Pengawalan Terobos Jalur Busway

Karena kejadian ini, PT TransJakarta memprioritaskan 74 halte dari total 232 halte yang ada di Jakarta. Di 74 halte masuk prioritas bukan hanya karena sering terjadi kekerasan dan tindakan melawan hukum, namun juga karena banyaknya perilaku penumpang yang tidak taat aturan.

Pelanggaran yang dilakukan penumpang salah satunya adalah tidak masuk halte melalui pintu yang telah ditentukan dan harus memiliki kartu khusus. Di beberapa halte, calon penumpang justru masuk lewat pintu penghubung halte dengan bus TransJakarta yang berarti mereka tak membayar tiket masuk.

Tindakan ini sekaligus mengevaluasi dan meningkatkan kinerja keamanan di halte. Tak hanya CCTV, PT. TransJakarta juga akan menempatkan beberapa personil keamanan untuk berjaga agar tak terjaid lagi hal yang tak diinginkan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)